Thursday, 20 September, 2018 - 03:08

Besok, KPU Morowali Rekapitulasi Tingkat Kabupaten

Wahyudin Abd Wahid. (Foto: Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Morowali, Metrosulawesi.com - Pemungutan suara Pilkada Morowali telah dilakukan, dan untuk mengetahui pemenang hasil Pilkada, KPU Morowali akan melakukan tahapan rekapitulasi penghitungan suara pada tingkat kabupaten.

Ketua KPU Morowali, Wahyudin Abd Wahid menyebutkan, proses rekapitulasi sekaligus penetapan hasilnya, dari KPU  Morowali selaku penyelenggara, sudah merencanakannya akan melaksanakan tahapannya sesuai jadwal.

"Rekapitulasi itu kami lakukan pada 4 Juli 2018. Untuk saat ini kita belum tahu siapa yang menang dan  kalah dalam Pilkada Morowali," u jar Wahyudin ke Metrosulawesi di ruang kerjanya, Senin 2 Juli 2018.

Meski belum melalui penetapan, KPU Morowali tidak menyalahkan saat ini klaim unggul dalam Pilkada. Karena cara penghitungan yang dilakukan calon, sampel data suaranya diambil dari setiap saksi yang ditempatkan di TPS.

Setelah rekapitulasi penghitungan suara ditetapkan akan ada waktu selama tiga hari lagi dari KPU, untuk menunggu para calon lain merasa belum puas. Dan KPU juga sudah membentuk tim melakukan koordinasi dengan pihak Mahkamah Konsitusi (MK) dan KPU RI.

"Waktu tiga hari yang diberikan kepada para calon itu, diatur dalam PKPU No 9 Thn 2018," ungkap Wahyudin.

Secara keseluruhan dalam Pilkada Morowali sudah melaksanakan proses pencoblosan, termasuk di TPS 2 Dusun Lere Ea, yang sebelumnya mengalami keterlambatan logistik dan tidak sempat bersamaan waktu pada 27 Juni 2018.

"Hal lain yang kita syukuri, bagaimana Pilkada dapat terlaksana dan berjalan damai. Kesuksesan bukan hanya milik penyelenggra, tapi kesuksesan seluruh rakyat Morowali dan semua pihak yang berkompoten. Mari kita dukung pemimpin daerah yang terpilih di Pilkada ," tandas Wahyudin.


Editor: Elwin