Saturday, 25 November, 2017 - 11:32

Bhabinkamtibmas Polres Sigi Awasi DD dan ADD

AKBP Agung Kurniawan, SIK. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Sigi, Metrosulawesi.com - Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Sigi diberikan tanggung jawab mengawasi penggunaan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Sigi.

Hal itu disampaikan Kapolres Sigi AKBP Agung Kurniawan SIK dalam arahannya kepada seluruh Bhabinkamtibmas se Sigi, di aula Mako Polres Sigi, Jumat 10 November 2017.

Agung Kurniawan mengatakan, tugas baru tersebut merupakan amanah dari hasil Memorandum of Understanding (MoU), atau kerja sama antara Kapolri dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Desa (Mendesa) RI.

“Berdasarkan MoU tersebut, maka kami mengambil langkah untuk memberi pemahaman kepada seluruh bhabinkamtibmas, agar mereka ke depan dapat melakukan pengawasan maupun pengendalian terhadap penggunaan DD dan ADD di desa binaan mereka masing-masing,” jelasnya.

Setiap bhabinkamtibmas selanjutnya juga harus menyampaikan kepada setiap kepala desa terkait MoU itu, agar pemerintah desa (pemdes) tahu bahwa bhabinkamtibmas pun kini telah bertugas mengawasi DD/ADD.

Dikonfirmasi Metro Sulawesi, Senin 13 November 2017 melalui ponselnya, Kapolres mengatakan, dirinya berpesan kepada seluruh pemdes agar dapat melakukan transparansi anggaran, salah satunya dengan memasang baliho APBDes maupun papan kegiatan di setiap program pembangunan.

“Nantinya jika ditemukan adanya dugaan penyelewengan anggaran, maka ada mekanisme tertentu, dimana akan ada langkah terlebih dahulu yang ditempuh pemerintah kabupaten terkait hal itu. Namun kami berpesan kepada seluruh pemdes agar dapat memanfaatkan DD dan ADD sesuai aturan dan program yang sudah disepakati di lingkup masyarakat desa masing-masing. Pembangunan juga harus optimal agar nilai ADD dan DD bisa meningkat setiap tahun, jangan justru dipakai untuk keperluan pribadi maupun kelompok,” jelas perwira dua melati di pundaknya itu.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Berita Terkait