Saturday, 22 September, 2018 - 15:04

Bhartolumeus Pj Bupati Morowali

Bhartolumeus Tandigala. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Teka-teki siapa yang akan ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Bupati Morowali menggantikan Anwar Hafid yang sudah selesai masa jabatannya terjawab sudah. Dari tiga nama yang diajukan Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola ke Kemendagri, Mendagri Tjahjo Kumolo menunjuk DR Ir Bhartolumeus Tandigala SH CES sebagai Pj Bupati Morowali.

Demikian dikatakan Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng, Moh Haris Kariming usai salat Jumat 25 Mei. Pelantikan Pj Bupati Morowali dijadwalkan hari ini, Sabtu 26 Mei di gedung Pogombo oleh Gubernur Sulteng.

Seperti diberitakan, Metrosulawesi, Jumat 25 Mei, sebelumnya Gubernur H Longki Djanggola mengusulkan tiga nama ke Menteri Dalam Negeri. Ketiga pejabat senior eselon II itu masing-masing Moh Arif Latjuba, Bartholumeus Tandigala, dan Abd Salam Mahtar.

Mendagri kemudian memutuskan DR Ir Bartholomeus Tandigala SH CES sebagai Penjabat Bupati Morowali sesuai SK Mendagri Nomor: 131.72-1700 Tahun 2018 tentang pengangkatan penjabat Bupati Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.

Alasan menjatuhkan pilihan terhadap Bartholomeus, ditegaskan Karo Humas & Protokol sepenuhnya menjadi kewenangan Mendagri. 

“Sesuai aturan yang ada, Gubernur sudah mengusulkan tiga nama dan semua memenuhi syarat secara aturan. Pada akhirnya sesuai SK yang kami terima Mendagri menunjuk Bartholomeus sebagai penjabat bupati Morowali," terangnya.

Lebih lanjut Haris mengaku, sesuai petunjuk Gubernur pihaknya telah mempersiapkan proses pelantikan dengan diterimanya SK mendagri.

“Atasnama Mendagri bapak Gubernur Sulteng akan melantik Dr Ir Bartholoneus Tandigala SH CES, sebagai penjabat Bupati Morowali, sesuai Undang-Undang pelantikan harus segera dilaksanakan dengan berakhirnya masa jabatan Bupati sebelumnya. Tugasnya menjalankan roda pemerintahan dan melaksanakan pemilukada di Morowali hingga dilantik pejabat definitif," jelas Haris. (*)