Monday, 20 November, 2017 - 03:43

BI Optimistis Kinerja Neraca Perdagangan Lebih Baik

ILUSTRASI - Surplus. (Grafis : Ist)

Jakarta, Metrosulawesi.com - Bank Indonesia (BI) optimistis kinerja neraca perdagangan tahun 2015 akan lebih baik. Salah satu faktor yang akan mempengaruhi kinerja neraca perdagangan terutama sektor migas menurut BI adalah tren penurunan harga minyak dunia.

"Tren penurunan harga minyak dunia dapat mendorong berkurangnya tekanan pada defisit neraca migas," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara dalam siaran pers, Jakarta, belum lama ini.

Dikutip dari KOMPAS.com, selain karena penurunan harga minyak dunia, BI juga memperkirakan perbaikan neraca perdagangan akan ditolak oleh perbaikan ekonomi global tahun 2015. Dua hal itu lah yang akan membuat aktivitas ekspor Indo esai meningkat.

Sementara itu, berdasarkan data bulan November 2014, kinerja neraca perdagangan Indonesia merosot bahkan defisit 0,42 miliar dollar AS. Padahal, pada bulan Oktober, neraca perdagangan surplus 0,02 miliar dollar AS.

Faktor yang mempengaruhi defisit tersebut menurut BI adalah peningkatan defisit migas disaat surplus peradangan nonmigas sedang berkurang.

"Perdagangan ekspor migas pada November 2014 tercatat 1,36 miliar dollar AS, lebih tinggi dari bulan sebelumnya yaitu 1,11 miliar dollar AS," kata Tirta.

 

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.