Monday, 20 August, 2018 - 11:37

BI Sulteng Siapkan Rp1,7 Triliun Untuk Kebutuhan Lebaran Tahun Ini

TUKAR UANG - Salah seorang usai melakukan penukaran uang receh yang disediakan Bank Indonesia melalui kas keliling. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tengah menghadapi lebaran 1439 Hijriah menyiapkan  uang Rp1,7 triliun atau naik 19.7 persen dari tahun lalu.

Hal itu diakui Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI)  Sulawesi Tengah Miyono, Selasa sore. Menurut Miyono, uang terdiri dari berbagai pecahan uang.

"Kas keliling di bulan Ramadan kami fokuskan di Kota Palu, yang Insha Allah akan disinergikan dengan pelaksanaan kegiatan pasar murah dan di beberapa lokasi terpilih," kata Miyono.
 
Sementara, lanjut Miyono, untuk kota Luwuk, Morowali, Poso, Parigi dan Toli-Toli kita layani melalui dropping dana Kas Titipan di Bank-bank yang telah kami tunjuk.

Tambah Miyono, sedangkan untuk  beberapa kota yang lain, yang tidak ada Kas Titipan sudah kami layani sebelum bulan Ramadhan.

Sebagai tambahan info, untuk penukaran uang cacat, ditarik dan rusak (CDR) kami layani di Kantor BI pada setiap hari Selasa dan Kamis.

Kas Keliling

Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah menyiapkan lima titik pelayanan kas keliling di Kota Palu.
Kas keliling melayani penukaran uang kecil, uang rusak, uang lusuh dan uang yang ditarik dari peredaran bagi masyarakat umum.

Penukaran dapat dilakukan melalui kas keliling Bank Indonesia di sejumlah titik yang telah ditentukan.

Dari jadwal kas keliling yang diperoleh menyebutkan, lima titik penukaran kas keliling dilakukan mulai 20 Mei 2018 di Pusat Pertokoan Jalan Hasanuddin, Pasar Masomba 22 Mei, Pasar Inpres Manonda 23 Mei, Grand Hero Jalan Basuki Rahmat 24 Mei, dan Pasar Bambaru 25 Mei.

Petugas kas keliling menyebutkan antusiasme masyarakat melakukan penukaran cukup tinggi.

“Sampai antri panjang tadi pak. Bahkan masih ada yang ingin menukarkan uang tapi kas sudah ditutup,” ujar petugas kas keliling ditemui di Pasar Masomba, Selasa siang.

Pelayanan kas keliling dimulai pukul 09:00 Wita sampai pukul 14:00 Wita. (ptr/mil)


Editor: Udin Salim