Sunday, 23 September, 2018 - 13:01

BI Tingkatkan Kapasitas Penenun Sulteng di Bali

Kepala Perwakilan BI Sulteng, Miyono. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com – Kantor Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tengah mengikutsertakan kelompok tenun binaannya pada kegiatan Capacity Building di Bali, 27-30 Juli mendatang.

Kepala Perwakilan BI Sulteng Miyono mengatakan, selain kelompok tenun binaan BI, juga akan diikutkan kelompok dari kelurahan inovasi, Dewan Kerajinan Daerah, Pemprov Sulteng dan Pemkot Palu.

“Ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia dan meningkatkan variasi motif tenun Sulteng sehingga dapat menembus pasar global,” kata Miyono dalam keterangan tertulisnya.

Lanjut Miyono, kegiatan tiga hari itu nantinya para peserta diajak mengunjungi kelompok Tenun Wisnu Murti yang merupakan binaan BI Bali. Disana mereka mempelajari dan mempraktekkan secara langsung teknik tenun ikat Bali tanpa sambungan yang mampu memproduksi kain dengan lebar 105 cm.

Selain itu peserta juga mengikuti pelatihan teknik pewarnaan dengan menggunakan bahan pewarna alam yang ramah lingkungan di Kelompok Tenun Bali.

“Program capacity building ini merupakan salah satu rangkaian dari pelatihan penguatan kelembagaan dan SDM UMKM yang dilakukan BI Sulteng selama 2018,” kata Miyono.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan instansi terkait dari pemerintah daerah.

Tags: