Saturday, 18 August, 2018 - 19:56

Bidik Legislator Lewat PKB, Latopada Ikut Bertarung di Dapil Sigi-Donggala

Drs H Abdullah Latopada. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Akhirnya teka-teki kemana arah perjuangan Mantan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulteng, Drs H. Abdullah Latopada yang memilih tidak menerima jabatan baru di Kendari Sultra, setelah mendapat mutasi tugas, terjawab sudah, setelah sebelumnya beralasan lebih memilih mengabdi membesarkan Nahdatul Ulama (NU) Sulteng sebagai Ketua Tanfidziyah, ternyata ada keinginan politiknya untuk membidik posisi legislator Sulteng, melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang nota bene partai yang dilahirkan PB NU.

Kepastian  mantan Ketua GP Ansor Sulteng itu maju sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) Sulteng lewat PKB tersebut, terungkap ketika pimpinan partai mengusulkan nama-nama Bacaleg dari Dapil  6 Donggala Sigi,  dan salah satu  di antaranya adalah mantan Kanwil Kemenag Ternate pada nomor urut 8.

Ditemui di salah satu kafe di persimpangan Jalan Moh. Yamin dengan Jalan Tanjung Satu Palu, Jum’at 20 Juli, Latopada yang pernah pula menjadi Caleg dari Partai Persatuan Pembangunan sebelum adanya  larangan PNS maju sebagai Caleg, mengakui kalau pihaknya serius untuk merebut kursi legislator Provinsi Sulteng periode 2019-2024 mendatang.

‘’Insya Allah, dengan mengharap ridha Allah serta dukungan masyarakat, saya bisa meraih simpatik dari konstituen Donggala-Sigi, hingga dapat memperoleh suara yang yang signifikan menuju kursi parlemen Sulteng,’’ terang Latopada yang juga mengakui Dapil 6 Donggala Sigi memang tempat berkumpulnya para tokoh-tokoh berpengaruh, sehingga tidak heran kalau banyak pihak menyebut sebagai ‘’Dapil Neraka’’.

Meski kompetitor  dipandang berat-berat, namun bagi Latopada bukan penghambat untuk maju menjadi legislator Sulteng, justru bisa menjadi motivasi untuk makin kerja keras meraih simpatik dari rakyat Donggala dan Sigi.

Dikatakan dari delapan kursi Dapil Donggala Sigi yang diperebutkan, Latopada optimis bisa meraih satu kursi. 

‘’Insya Allah, satu kursi kita bisa peroleh,’’ terangnya.

Keoptimisan Latopada tersebut, bukan tanpa alasan, selain sebagai putra Dolo, yang memungkinkan akan mendapat dukungan dari seluruh keluarga,  famili dan teman, juga selama ini telah membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat, baik sebagai aktivis organisasi maupun sebagai pejabat di lingkungan Kemenag Sulteng.

Menurutnya, semua Bacaleg punya peluang dan kesempatan yang sama untuk lolos sebagai legislator. 

‘’Kita punya peluang dan kesempatan yang sama, hasil ahirnya kita liat pada voting day nanti,’’ tegas Latopada.

Sebab menurutnya, tujuan utama setiap caleg adalah untuk mengabdi pada daerah ini dalam mewujudkan harapan seluruh masyarakat Sulteng mendapat pemeretaan pembangunan. 

‘’Niat kita semua sama yakni mengabdi pada daerah dalam mengawal proses majunya pembangunan di Sulteng,’’ jelas Latopada.