Saturday, 22 September, 2018 - 09:22

BK DPRD Palu Masih Menunggu Surat Aduan Terkait Protes Penggantian Sekwan

Rusman Ramli. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Hingga saat ini kisruh terkait penggantian Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Sekwan) Kota Palu yang tanpa persetujuan ketua fraksi belum terjawab. Bahkan Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Palu hingga saat ini masih menunggu surat pengaduan dari Fraksi Hanura dan PKB.

“Terkait dengan soal pergantian Sekwan pada tanggal 5 September, Badan Kehormatan DPRD Kota Palu telah menggelar rapat intern menyikapi masalah tersebut. Dan kesimpulannya adalah menunggu surat pengaduan dari Fraksi Hanura dan PKB sebagaimana telah disampaikan pada saat sidang paripurna dengan mengungkapkan bahwa proses pergantian Sekwan tidak sesuai mekanisme perundang-undangan,” ungkap Ketua BK DPRD Kota Palu Rusman Ramli saat dihubungi, Rabu 12 September 2018.

Diketahui, Ketua Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) DPRD Palu Hamsir dan Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Alimudin Alibau beberapa kali mengutarakan protesnya terhadap Ketua DPRD Kota Palu Ishak Cae terkait penggantian Sekwan.

Menurut keduanya, Ketua DPRD Kota Palu yang merupakan politis Partai Golkar itu tidak melibatkan keduanya dalam proses penggantian Sekwan baru-baru ini. Padahal, seharusnya pergantian Sekwan melibatkan masing-masing ketua fraksi, sesuai mekanisme perundang-undangan.

BK DPRD Kota Palu sendiri belum bisa mengambil keputusan dan tindakan terkait hal itu. pasalnya, menurut Rusman Ramli perlu adanya aduan dari fraksi sebelum BK melakukan proses terkait protes Ketua Fraksi Hanura dan PKB tersebut.

“Sementara BK, sebagaimana fungsi dan wewenangnya diatur dalam tatib (tata tertib) DPRD dapat melakukan proses klarifikasi dan lain-lain setelah adanya surat pengaduan (Tatib DPRD pasal 40),” jelas politis Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

“Sampai saat ini tidak surat aduan dari ke Fraksi (Hanura dan PKB) yang masuk ke Badan Kehormatan DPRD,” jelas dia.

Sementara itu, Ketua DPRD Palu Ishak Cae sebelumnya telah menyatakan siap untuk dilaporkan ke BK DPRD Kota Palu. Menurutnya, langkah pergantian Sekwan yang dilakukannya sudah benar dan tidak ada unsur pelanggaran dalam mekanisme pengangkatan dan pelantikan Sekretaris DPRD Kota Palu. 


Editor: Masruhim Parukkai

Tags: