Saturday, 18 August, 2018 - 20:09

BKD Sulteng Jamin Urus Pensiun Bebas Pungli

Hasim. (Foto : Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulteng menjamin pengurusan pensiun bebas dari Pungutan liar (Pungli). Hal ini disampaikan Kepala Bidang Mutasi BKD Sulteng Hasim di Palu belum lama ini.

“Kami di BKD, khususnya bidang mutasi sudah berkomitmen memberi pelayanan tanpa memungut sepeserpun,” ujar Hasim.

Hasim menuturkan, untuk menjamin pelayanan dibidangnya terbebas dari pungli, pengurusan pensiun harus dilakukan langsung oleh pejabat kepegawaian dimasing-masing instansi. Pengurusan pensiun kata dia tidak diperkenankan melalui perorangan.

“Jadi meskipun seseorang yang mengurus pensiun memberi dengan ikhlas, saya sudah sampaikan ke teman-teman dibidang kami agar tidak menerimanya,” tuturnya.

Di BKD Sulteng diterangkan Hasim tercatat dalam setiap bulannya 20 orang pensiun dari PNS. Jumlah itu didominasi pensiun usia ditambah pensiun dini. Adapun untuk yang pensiun dini sebagian besar disebabkan faktor kesehatan. Sementara pengajuan pensiun dini lainnya dikarenakan seorang PNS yang bersangkutan beralih menjadi pengusaha dan kegiatan lainnya.

“Perlu kami sampaikan pengurusan pensiun di BKD Sulteng memang tidak memungut biaya,” ucap Hasim.

Dia menambahkan selaku kepala bidang mutasi, Hasim berupaya tidak bertemu dengan PNS yang mengurus atau mengajukan pensiun. Hal itu untuk menghindari potensi Pungli. Seseorang yang mengurus atau mengajukan pensiun harus mempercayakan kepada pejabat kepegawaian dimasing-masing instansi.

“Jadi yang penting semua berkas persyaratan lengkap, pengajuan pasti akan diproses dengan memperhatikan aturan sesuai yang berlaku. SK yang sudah ditandatangani kami berupaya agar tidak bermalam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tandas Hasim.


Editor : M Yusuf Bj