Sunday, 22 July, 2018 - 03:33

BKKBN Sulteng Integrasi Kampung KB di Poso

INTEGRASI KAMPUNG KB - Suasana integrasi Kampung KB bersama mitra kerja di Desa Kuku, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Jumat, 1 Desember 2017. (Foto : Ist)

Poso, Metrosulawesi.com - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sulteng melakukan integrasi Kampung KB bersama mitra kerja di Desa Kuku, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Jumat, 1 Desember 2017.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng yang diwakili Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi (Adpin) Moh Rosni mengatakan integrasi merupakan langkah menyamakan persepsi bersama pihak terkait guna menyukseskan program Kampung KB.

“Kampung KB didalamnya bukan hanya orang-orang ber-KB, seperti di Desa Kuku ini. Kampung KB hadir agar bagaimana masyarakat bisa hidup terencana, karena semua harus direncanakan,” ujar Rosni.

Kata Rosni, suatu rencana dalam hidup sangat penting agar masa depan seseorang bisa lebih baik. Rencana tersebut diberbagai hal seperti merencanakan diusia berapa akan menjalani pernikahan.

“Misalnya remaja, sudah harus merencanakan pada umur berapa harus menikah,” tutur Kabid Adpin.

Sementara Camat Pamona Utara Amrin Purasongka dalam kesempatannya mengakui hadirnya Kampung KB di wilayahnya telah meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dia  memandang integrasi merupakan langkah yang tepat dalam menyinkronkan program Kampung KB ke program Pemkab Poso.

“Integrasi merupakan kegiatan yang sangat baik dan tepat, sinkron dengan apa yang dicanangkan bapak bupati. Harapan kami melalui kegiatan integrasi Kampung KB lintas sektor bersinergi untuk membangun masyarakat Desa Kuku lebih berkualitas,” ucap Amrin.

Untuk diketahui, BKKBN sebelumnya juga telah melakukan integrasi Kampung KB bersama mitra kerja dibeberapa kabupaten diantaranya Poso, dipusatkan disejumlah desa diantaranya Desa Magapu, Desa Labuan, dan Desa Bega. Di Kabupaten Banggai Laut dipustkan di Desa Kalupapi dan Desa Matanga. Selanjutnya di Kabupaten Sigi dipusatkan di Desa Karunia.
 
Selain di kabupaten, integrasi Kampung KB juga sudah dilakukan di Dusun Kintabaru, Kota Palu. Kegiatan integrasi ini turut dihadiri Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Poso dr Djani Moula, Kepala Desa Kuku, tokoh agama, tokoh adat dan para peserta kegiatan kurang lebih 200 orang. Diakhir kegiatan dilakukan pembagian doorprize kepada peserta integrasi berupa 10 buah powerbank, 3 buah handphone dan 1 buah sepeda sebagai hadiah utama.


Editor : Syamsu Rizal