Tuesday, 14 August, 2018 - 17:15

BPOM: Beli Parsel Harus Ekstra Teliti

Safriansyah. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palu Safriansyah mengimbau masyarakat dalam membeli parsel harus ekstra teliti. Hal itu karena saat permintaan masyarakat mulai meningkat, tak menutup kemungkinan ada pelaku usaha mencurangi konsumen, terutama makanan dalam bentuk parsel.

“Harus ekstra teliti karena parsel-kan sudah dalam bentuk terkemas saat ingin dibeli masyarakat,” ujar Safriansyah, Senin, 11 Juni 2018.

Dia menuturkan karena adanya keterbatasan tersebut masyarakat hendaknya memiliki langganan terpercaya dalam membeli parsel. Itu diperlukan menghindari produk yang tidak layak dijual dalam kemasan parsel.

“Masyarakat sudah harus punya langganan dari tahun ke tahun, dengan begitu Insya Allah tidak akan ada kesalahan,” tutur Safriansyah.

Namun demikian, dia menerangkan berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan pihaknya terhadap toko pembuat dan penjual parsel di Kota Palu, semuanya dalam kondisi baik  karena belum ditemukan produk kadaluwarsa.

“Sudah tiga tahun berturut-turut memang tidak ada temuan, isi parsel masih sesuai ketentuan, produknya terdaftar, masa kadaluwarsa masih berlaku dan kemasan produk tidak rusak. Produk tidak halal seperti mengandung alkohol tak ada kami temukan karena memang parsel yang dijual khusus untuk umat Islam,” terang dia.

Safriansyah mengatakan pemeriksaan yang dilakukan pihaknya guna memastikan parsel yang beredar di daerah ini dalam kondisi baik dan aman dikonsumsi masyarakat. Adapun sasaran pemeriksaan yaitu sejumlah produsen parsel dan pusat perbelanjaan moderen dan tradisonal.

Pemeriksaan yang dilakukan dengan cara membuka salah satu kemasan parsel dan melakukan pengecekan. Masa kadaluwarsa, kondisi kemasan produk dan label halal produk menjadi hal penting pengecekan yang dilakukan.

“Tentu tidak harus semua kami buka karena mereka sudah mengemasnya dengan baik. Tentu kita harapkan dengan teknik sampling, parsel yang lainnya sesuai ketentuan agar tidak merugikan masyarakat,” ucap Safriansyah.

Dia menambahkan intinya masyarakat dalam membeli suatu produk penting melakukan cek KLIK, yaitu cek kemasan dalam kondisi baik, baca informasi produk pada label, pastikan memiliki izin edar, dan cek masa kedaluwarsanya. Pentingnya memeriksa kemasan produk makanan perlu diperhatikan masyarakat agar tidak berakibat hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami berharap masyarakat jangan sampai lupa melakukan cek KLIK saat membeli suatu produk,” tandas Safriansyah.
 

Editor: M Yusuf Bj