Friday, 25 May, 2018 - 03:30

BPS Dukung Pencapaian Ketahanan Pangan

BUKA PELATIHAN - Kepala BPS Sulteng, Faizal Anwar saat membuka pelatihan petugas survei Konversi Gabah ke Beras (KGB) oleh BPS Sulteng di Hotel Jazz  Palu, Senin, 19 Februari 2018. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mendukung pencapaian prioritas nasional ketahanan pangan yang merupakan program pemerintah. Wujud dukungan itu dengan memberi pelatihan kepada petugas survei Konversi Gabah ke Beras (KGB) oleh BPS Sulteng di Hotel Jazz  Palu, Senin, 19 Februari 2018.

"Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia, oleh karenanya penyediaan pangan yang memadai merupakan kewajiban Negara. Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan (UU Pangan) menegaskan bahwa pemenuhan kebutuhan dasar itu merupakan bagian dari hak asasi manusia dijamin UUD 1945 sebagai komponen dasar untuk mewujudkan manusia yang berkualitas," ujar Kepala BPS Sulteng, Faizal Anwar saat membuka pelatihan.

Petugas yang mengikuti pelatihan nantinya akan melakukan survei untuk mendapatkan angka konversi pengeringan dari Gabah Kering Panen (GKP) ke Gabah Kering Giling (GKG). Kemudian angka konversi penggilingan dari GKG ke beras yang digunakan dalam perhitungan data produksi beras.

Survei dilakukan dalam dua tahap yaitu pada Maret hingga April mewakili musim hujan dan Mei hingga Agustus 2018, mewakili musim kemarau di seluruh provinsi secara nasional. Faizal mengingatkan kepada para petugas bahwa pentingnya setiap pencacahan survei di BPS.

Olehnya kata dia, survei harus dilakukan secara sungguh-sungguh dan selalu semangat di lapangan serta disiplin, terutama untuk petugas yang berasal dari mitra (non organik BPS) yang baru pertama kali mengikuti survei di BPS.

“Karena keberhasilan pelaksanaan setiap survei di BPS itu ditentukan oleh kesungguhan dan kegigihan kita semua,” tuturnya.

Kepala BPS mengharapkan agar para petugas melaksanakan tugasnya sebaik-baiknya dengan penuh tanggungjawab dan mematuhi tata cara yang disampaikan oleh instruktur maupun buku panduan.