Friday, 20 April, 2018 - 03:11

Bulog Poso Distribusikan Beras Murah

Moh Natsir. (Foto : Metrosulawesi/Wawan)

Poso, Metrosulawesi.com - Tingginya harga beras di wilayah Poso memaksa pihak Sub Drive Bulog Poso mendistribusikan 750 ton beras murah untuk operasi pasar (OP). Selain Kabupaten Poso, Kabupaten  Morowali, Morut, Touna di juga mendapat stok beras murah dalam OP  yang digelar Bulog.

Kenaikan harga bersa di Poso itu sudah berlangsung sepekan. Harga beras dari berbagai jenis di Pasar Sentral Poso merangkak naik mencapai Rp500 perkarungnya. Akibat kondisi ini, membuat sejumlah warga dan pedagang mengeluh karena mengalami kelangkaan stok beras dari penggilingan.

Pihak Sub Drive Bulog Poso mengaku, jika saat ini kebutuhan masyarakat terhadap beras sangat tinggi. Sehingga untuk mengantisipasi kelangkaan beras terhadap pedagang dan pembeli, saat ini pihak Bulog menyiapkan 2000 ribu ton stok beras yang disiapkan di gudang Bulog Poso.

Menurut Kepala Gudang Bulog Poso Moh Natsir, jika operasi pasar tersebut digelar untuk meminimalisir tingginya harga beras. Sementara beras yang didistribusikan pihak Bulog untuk wilayah Kabupaten Morowali dan Poso mencapai 100 ton beras.

“Saat ini ada 750 ton untuk empat kabupaten yang kami sediakan, tapi yang kita distribusikan hanya Morowali dan Poso, untuk Kabupaten Poso dan Touna ini sudah hampir 100 ton dan sudah hampir dua mingguan kami gelar OP, stok kami pun masih aman,” ujarnya, Senin (1/2/2016).

Kata Natsir, pihak Bulog Poso lebih mengkhususkan dua wilayah tersebut yang diakui merupakan dua wilayah yang saat ini mengalami kelangkaan beras terhadap pedagang dan pembeli di pasar.

Dalam OP yang sudah digelar dalam dua minggu, pihak Sub Drive Bulog Poso telah mendistribuisikan 100 ton beras di dua wilayah tersebut. Saat ini harga yang disediakan mencapai Rp7.500 perkilo dibandingkan dengan harga pasaran yang mencapai Rp11.000 perkilonya.


Editor : Subandi Arya