Friday, 22 June, 2018 - 15:15

Bupati Balut Dorong KPA Deteksi Penderita HIV/AIDS

BUKA SOSIALISASI - Bupati Balut Wenny Bukamo saat membuka sosialisasi penanggulangan HIV/AIDS, Jumat, 7 Desember 2017. (Foto : Ist)

Balut, Metrosulawesi.com - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB (Dinkes P2KB) Kabupaten Banggai Laut (Balut) menggelar sosialisasi penanggulangan HIV/AIDS, Jumat, 7 Desember 2017. Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati Wenny Bukamo, dihadiri Kepala Dinkes P2KB Zulkifli Panggato dan sejumlah tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Wenny Bukamo mengungkapkan, di daerah ini telah terdapat tiga penderita HIV/AIDS, salah satunya ditemukan ketika hendak mendonorkan darah. 

“Kita lihat yang ditemukan bukan upaya penelusuran, ditemukan secara kebetulan saat donor darah,” jelasnya.

Bupati mendorong Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) untuk mendeteksi para penderita dengan melibatkan semua unsur.

“Kita sudah punya KPA, tetapi implementasi tugas yang dilakukan KPA masih butuh waktu dan peran semua pihak. Pencegahan penting dan harus melibatkan semua unsur,” katanya.

Di tingkat RT/RW dan keluarga, harus berperan untuk mencegah penyakit mematikan tersebut. Selain itu, KPA juga diharapkan dapat menyusun program penanggulangan.

“Mungkin saja ada penderita HIV/AIDS yang tidak melaporkan ke instansi yang berwenang karena takut akan dikucilkan. Kita harus lakukan langkah preventif,” ajaknya.

Menurut dia, gaya hidup yang tidak baik bisa menjadi penyebab munculnya penyakit HIV/AIDS. Apalagi, lalu lintas manusia di Kabupaten Balut cukup signifikan yang berasal dari berbagai latarbelakang.

“Keadaan sosial memengaruhi. Umumnya,  akibat kegiatan sosial banyak yang teridap HIV/ AIDS,” tandasnya.

 
Editor : Syamsu Rizal

Tags: