Saturday, 22 September, 2018 - 09:42

Bupati Dorong Pemenuhan Hak Dasar Warga Pipikoro

DI PIPIKORO - Pemkab Sigi mencanangkan gerakan nasional revolusi mental di kecamatan Pipikoro. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.com - Pemkab Sigi menggelar festival peduli day dalam rangka gerakan nasional revolusi mental berbasis pembangunan manusia inklusif di kecamatan Pipikoro, Selasa, 11 September 2018.

Kegiatan kader gerakan nasional revolusi mental ini diikuti seluruh perangkat desa se kecamatan Pipikoro. Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan peringatan hari ulang tahun (HUT) kecamatan Pipikoro yang ke-16 tahun.

Bupati Sigi Irwan Lapatta mengatakan, atas nama Pemkab Sigi ia mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana peringatan HUT kecamatan Pipikoro yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

Kegiatan ini kata dia, tidak lain bertujuan untuk menyampaikan kepada publik mengenai capaian program peduli dalam satu tahun terakhir untuk mendorong adanya komitmen pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk pemenuhan hak dasar masyarakat adat dan lokal di sini.

“Kegiatan yang dilakukan di sini pula merupakan bentuk rasa syukur dan penghormatan terhadap para pejuang kita sekuat tenaga mengorbankan harta benda mereka untuk mempertahankan kemerdekaannya termasuk di wilayah pedalaman dan terpencil di Pipikoro ini,” ungkapnya.

Bupati berharap, dengan adanya pelaksanaan festival peduli day ini maka kegiatan ini dapat meningkatkan rasa peduli sosial cinta tanah air dan solidaritas antar masyarakat, pemangku kepentingan lainnya, serta meningkatkan interaksi antara warga masyarakat.

“Begitu pun dengan kelompok marginal dengan warga lainnya antara masyarakat dan pemerintah begitu pun sebaliknya,” jelasnya.

Menurutnya, seluruh komponen masyarakat yang berada di Sigi terutama di kecamatan Pipikoro agar dapat bekerja sama dan medukung pemerintah dalam melaksanakan program-program bersentuhan langsung dengan masyarakat utamanya menyangkut program ekonomi kerakyatan.


Editor: Syamsu Rizal