Thursday, 16 August, 2018 - 20:13

Bupati Dukung Upsus Pajala di Dataran Lindu

DI LINDU – Seorang Anggota DPRD Sigi, Budi Luhur Larengi, menghadiri penyerahan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada petani, di Desa Anca, Kecamatan Lindu. (Foto: Humas Pemkab Sigi)

Sigi, Metrosulawesi.com – Giliran masyarakat di Kecamatan Lindu yang dikunjungi rombongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Rabu, 8 Agustus 2018. Kunjungan Pemkab Sigi ini bertujuan menyerahkan sebanyak 14 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan), yang diberikan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang berada di Kecamatan Lindu.

Alsintan yang diserahkan langsung Bupati Sigi, Mohamad Irwan Lapatta ini, berupa handtraktor sebanyak 8 unit, Jonder 2 unit, dan pompa air sebanyak 5 unit. Bupati Sigi Irwan Lapatta mengatakan, penyerahan Alsintan ini ditargetkan untuk mendukung program Upsus Pajala 2018 (Tanaman Padi, Jagung dan Kedelai) di Kabupaten Sigi, khususnya tanaman Pajala yang berada di dataran Lindu.

“Semoga Alsintan yang kami berikan ini dapat pula digunakan mengolah lahan tidur sehingga menjadi lahan produktif kembali di dataran Lindu,” ungkapanya.

Bupati menambahkan, penyerahan Alsintan merupakan bukti nyata keperpihakan  pemerintah kepada petani, sekaligus upaya untuk mendukung kelancaran pengolahan tanah. Sehingga produksi pertanian dapat ditingkatkan secara berkelanjutan.

“Karena bantuan Alsintan sendiri bagian dari 10 program dalam inovasi Pemkab Sigi, yakni pembagian handtraktor secara gratis dengan menggunakan anggaran bersumber dari APBD Sigi dan APBN,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sigi, Mulyadi, mengatakan bantuan Alsintan sebagai bentuk keseriusan Pemkab Sigi dalam menunjang program nasional yaitu upsus Pajala serta untuk mempercepat luas tambah tanam (LTT) di Kabupaten Sigi, khususnya di Kecamatan Lindu.

Kata dia, selain menyerahkan Alsintan Pemkab Sigi juga menyerahkan bibit kopi sebanyak 13.900 pohon, dan membangun damparit tiga unit dan pintu air sebanyak tiga unit. Untuk kelompok tani yang belum dapat bantuan alsintan agar membuat proposal di tujukan kepada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi.

“Setelah bantuan ini diserahkan kepada masing-masing kelompok tani, kami instruksikan kepada balai penyuluh pertanian (BPP) dan penyuluh di kecamatan Lindu untuk melakukan pendampingan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Kabupaten Sigi, Roynal BE Tarro dan Budi Luhur Larengi.    

 

Editor: Syamsu Rizal