Saturday, 18 August, 2018 - 03:10

Bupati Touna Sarankan ASN Muslim Pelihara Janggut

Muhammad Lahay. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Ampana, Metrosulawesi.com - Setelah mengeluarkan edaran kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) laki-laki yang beragama Islam, untuk salat berjamaah di masjid saat jadwal kerja di waktu salat Zuhur dan Ashar, Bupati Tojo Una-Una Muhammad Lahay juga telah menyarankan kepada seluruh ASN beragama Islam untuk memelihara janggut.

"Sejak pertama kali dilantik sebagai bupati pada tahun 2016 lalu, pada apel perdana dihadapan seluruh ASN Pemda Touna, saya mengimbau mereka untuk salat berjamaah di masjid pada waktu salat Dzuhur dan Ashar," urainya saat berdialog dengan Metrosulawesi disela-sela kunjungan kerja di wilayah kepulauan belum lama ini.

Saat ini, sambung Ketua DPD NasDem Touna itu, dirinya juga telah menyarankan kepada seluruh ASN Muslim pria untuk memelihara janggut. Menurutnya, memelihara janggut akan bernilai pahala bagi seorang muslim laki-laki dengan niat untuk menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Ia menambahkan, bahwa melaksanakan salat berjamaah di masjid dan memelihara janggut bagi ASN muslim itu sifatnya himbauan. Kalau ada ASN yang tidak mau memelihara janggut itu juga tidak paksakan. Namun, untuk salat berjamaah di masjid bagi ASN muslim itu himbauan yang sifatkan menekankan yang diperkuat dengan surat edaran.

Muhammad Lahay beralasan, memelihara janggut bagi muslim adalah sunnah Nabi yang banyak manfaatnya.

"Banyak hadis Nabi Muhammad SAW yang memerintahkan umatnya untuk memelihara janggut ini," urai bupati yang berjenggot lebat itu seraya mengelus-elus jenggotnya.

Himbauan itu terasa perlu dia sampaikan kepada bawahannya. Sebab, pemimpin itu, kata dia, tidak hanya memiliki tanggung jawab dunia dalam membangun daerah dan mensejahterakan rakyatnya. Namun, juga memiliki pertanggungjawaban akherat kepada Allah SWT.

"Sebab kita semua nanti akan dimintai pertanggungjawaban. Yang paling besar ini pertanggungjawaban pimpinan terhadap rakyatnya," tuturnya.

Dia menambahkan, jika salat berjamaah di masjid ini bisa rutin dilaksanakan seluruh ASN, insya Allah berkah Allah akan turun dari langit untuk Tojo Una-Una. Berkah bisa banyak dirasakan msayarakat, bisa berkah kedamaian, kenyamanan, persaudaraan, berkah rezeki dan banyak lagi berkah-berkah Allah.