Saturday, 22 September, 2018 - 15:06

Chadidjah Toana Dorong Kemandirian Anak Panti

Lomba Kuliah tujuh menit (Kultum) dalam rangka memperingati Tahun baru Islam (1 Muharram 1436) yang dilaksanakan oleh Panti pesantren Dhuafa Yayasan Sitti Chadijah Toana Jalan Hangtua, Kecamatan Mantikulore, Selasa (28/10/2014). (Foto : Mawan Kurniawan)

Palu, Metrosulawesi.com - Pimpinan Yayasan Panti Pesantren Dhuafa, Hj Sitti Chadidjah Toana memberikan motivasi dan mendorong anak panti agar mandiri dalam berbagai hal. Hal itu dikatakan di sela peringatan tahun baru Islam (1 Muharram 1436 H) di Panti Pesantren Duafa Jalan  Hangtua, Palu, Selasa (28/10/2014).

Pada peringatan tahun baru Islam, Yayasan Panti Pesantren Dhuafa menggelar sejumlah lomba yang melibatkan anak panti se Kecamatan Mantikulore. Kegiatan ini adalah salah satu wujud membiasakan anak untuk mandiri dan berkreasi.

"Kita disini sebagai pembina, hanya bisa memberikan dorongan dan motivasi kepada anak-anak. Paham masyarakat tentang hari Muharram adalah hari anak yatim yang hanya diberi itu kita tepis. Dengan dilaksanakannya kegiatan, yang mengajarkan para santri untuk mandiri karena dalam ajaran Islam, tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah," kata Sitti Chadidjah.

Anak panti diajarkan untuk bisa mandiri dalam beribadah, mandiri dalam bekerja, mandiri dalam berkreasi, sehingga kelak keluar dari panti, mereka bisa menjadi manusia yang bisa diandalkan dalam masyrakat dan tidak dipandang sebelah mata.

Dalam meperingati 1 Muharram, yang diikuti Panti Asuhan se Kecamatan Mantikulore, Panti Pesantren Dhuafa melaksanakan lomba yakni:

1. Lomba Tahfhiz Al Quran, penilaiannya yakni, cara baca Tajwid dalam Al Quran, dan penyebutan Makhraj huruf.
2. Lomba cerdas cermat (Sejarah Perjuangan Rasul), penilaiannya yakni, kecepatan peserta untuk menjawab pertanyaan, dan kerapian betpakaian peserta dalam mengikuti lomba.
3. Lomba Kultum (tema makna 1 Muharram), penilaiannya yakni, retorika, dan kerapian berpakaian.
4. Pertandingan Voll Ball, yang di ikuti PA Aisyiyah, PA Wali Songo, PA Al Anshar, Panpes Dhuafa, dan PA Khairul Ummah.
5. Pertandingan sepak bola pembina dan santri PA Aisyiyah, PA Wali Songo, PA Al Anshar, Panpes Dhuafa, dan PA Khairul Ummah.

 

 


Editor : Syamsu Rizal