Wednesday, 19 September, 2018 - 11:01

Civitas Unismuh Diimbau Salat Tepat Waktu

Dr Rajindra. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu Dr Rajindra, mengeluarkan peraturan terbaru kepada seluruh civitas Unismuh, peraturan tersebut adalah 15 menit sebelum adzan salat dikumandangkan, semua aktifitas di dalam kampus dihentikan untuk menuju Masjid.

Hal itu bertujuan untuk memberikan kesempatan semua civitas Unismuh Palu untuk salat tepat waktu, dan juga untuk menyongsong visi universitas menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul dalam Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang Berwawasan Islam Pada Tahun 2025.

“Ini untuk menuju kampus yang tidak hanya unggul dalam Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian, namun juga Berwawasan Islam Pada 2025, sehingga perlu ada pendisiplinan dalam ibadah,” ujar Rajindra,Sabtu, 9 Juni 2018.
Namun kata dia, untuk memuluskan itu, tidaklah cukup jika Lembaga Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) Unismuh Palu tidak melakukan inovasi dan kreatifitas, sebab tidak cukup jika hanya sekedar pengajian rutin tiap minggu atau bulanan seperti yang selama ini dilakukan.

“Harus ada program baru yang dilakukan seperti pelatihan pembaca kitab suci Alquran yang benar dan tepat sesuai ilmu tajwid,” katanya.

Olehnya, Rajindra yakin, jika masih ada dosen Unismuh Palu yang belum bisa membaca Alquran yang benar dan tepat sesuai dengan kaidah ilmuh tajwid, bukan berarti tidak bisa membaca, namun cara membacanya yang belum tepat sesuai kaidah ilmu tajwid.

“Inilah yang perlu dilatih, terlebih pada mahasiswanya,” jelasnya.

“Begitu juga dengan program pelatihan ceramah, dan khutbah, mengingat keduanya ini tidak bisa dipisahkan dalam dunia Muhammadiyah, sebagai perserikatan yang bergerak dalam dunia pendidikan yang menyerukan amal makruf nahi mungkar. Nahi mungkar harus diserukan dalam dua cara, yakni ceramah dan khutbah,” katanya.

“Dosen Muhammadiyah tidak bisa menolak kalau jika ditawari ceramah atau khotbah, harus bisa, olehnya itu perlu ada pelatihan, inilah tugas dari AIK,” tegas Rajindra.

Bahkan, Rajindra menginstruksikan ada penyusunan jadwal kultum untuk semua dosen Unismuh Palu setiap ba’da Sholat Dhuhur di Masjid Ulil Albab Kampus Unismuh Palu, sekaligus sebagai ajang pelatihan ceramah, sebelum pelatihan yang sesungguhnya dari AIK.

Dia meminta agar Masjid Ulil Albab Unismuh Palu dimanfaatkan bukan hanya untuk sholat ritual, namun juga tempat kajian-kajian keagamaan, selain juga pelatihan mengaji.

“Masjidnya akan kita renovasi, biar lebih nyaman, biar sekaligus kita fasilitasi AC,” kata Rajindra.


Editor: M Yusuf Bj