Friday, 20 April, 2018 - 14:46

CJU Palu Adukan Abu Tours ke Polda

FOTO BERSAMA - Sejumlah jamaah umrah Abu Tours cabang Palu, saat melaporkan Abu Tours ke Polda Sulteng, Rabu, 28 Maret 2018. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Puluhan Calon Jamaah Umrah (CJU) Abu Tours cabang Palu mendatangi kantor Kepolisian Daerah (Polda Sulteng), Rabu, 28 Maret 2018. Kedatangan para CJU untuk melaporkan pimpinan cabang Abu Tours serta mitra (Agen), karena tidak bertanggungjawab terhadap jamaah yang hingga saat ini belum diberangkatkan oleh Travel tersebut. 

“Kami tadi (kemarin-red) telah ke Polda Sulteng, namun kami dianjurkan untuk membuat surat pernyataan dengan lampiran semua jamaah bertanda tangan. Sehingga kesepakatan kami besok (hari ini) kumpul kembali bersama sejumlah jamaah di Masjid Agung sebelum Sholat Ashar untuk bertanda tangan,” jelas salah satu jamaah H Mansur melalui ponselnya.

Mansur mengatakan isi surat pernyataan itu bahwa pihaknya bersama jamaah lainnya keberatan, karena Abu Tours ini sudah tiga kali disurati, namun tidak pernah diladeni dan memberi penjelasan tidak sesuai permintaan jamaah.

“Jadi surat terakhir kami ke Abu Tours, bahwa para jamaah mau menambah Rp15 juta asalkan penambahan dana proporsional atau sama dengan keputusan pemerintah pusat sebesar Rp21 juta lebih, namun Abu Tours tidak mau menerima permintaan kami,” ujarnya.

Olehnya itu kata Mansur, para jamaah memutuskan dan bersepakatan melaporkan Abu Tours Palu secara pidana dan perdata, dua jalur hukum akan ditempuh para jamaah.

“Yang dituntut pimpinan cabang termasuk mitra-mitranya (agen), karena banyak jamaah dirugikan oleh agen ini. Para agen ini tidak pernah memberikan kesimpulan dan solusi kepada jamaah, seperti agen di Makassar, mereka bersatu untuk mengembalikan dana para jamaah, tetapi Agen di Palu bukan Agen tetapi hanya mencari uang, inilah  yang disayangkan oleh para jamaah,” katanya. 

Mansur mengatakan pihaknya bersama jamaah lainnya ke Polda Sulteng baru sebatas melaporkan permasalahan yang terjadi di Abu Tours. 

“Nanti besok kami akan membuat bukti fisik laporan atau surat pernyataan yang ditandatangani oleh jamaah,” ungkapnya.  

Kata Mansur, jika sudah masuk laporan ke Polda Sulteng, para jamaah akan dipanggil kembali untuk ditanya satu persatu terkait jumlah pembayaran ke Abu Tours. 

“Kami di Polda Sulteng diterima dengan baik, bahkan pihak kepolisian bersyukur sekali atas laporan yang disampaikan para jamaah, kepolisian akan membatu menangani masalah kami,” ujarnya. 

Mansur mengaku surat pernyataan jamaah akan langsung ditindaklanjuti oleh Polda Sulteng, sehingga diharapkan semua jamaah secepatnya menandatangi surat laporan tersebut, agar permasalahan ini dapat ditindaklanjuti secepatnya. 

 

Editor: Udin Salim