Friday, 21 September, 2018 - 10:11

Coklit di Tiga Kabupaten, PPDP Mulai Datangi Rumah Warga

APEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Morowali menggelar apel hari pertama coklit di Morowali, Sabtu 20 Januari 2018. Apel dipimpin Komisioner KPU Sulteng Muhammad Ramlan Salam. (Foto: Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Morowali, Metrosulawesi.com - Pilkada di tiga kabupaten kota di Sulawesi Tengah yakni Morowali, Parigi Moutong (Parimo), dan Donggala kini memasuki tahapan pencocokan dan penelitian (coklit). Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di desa dan kelurahan di tiga kabupaten tersebut mulai bergerak mendatangi rumah warga untuk mendata calon pemilih pada pilkada 2018.

Coklit dilakukan untuk memastikan data pemilih yang akurat dan komprehensif.

"Coklit dilakukan serentak setiap daerah yang melaksanakan Pilkada," ungkap Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tengah Muhammad Ramlan Salam pada apel hari pertama coklit di Morowali, Sabtu 20 Januari 2018.

Coklit dijadwalkan mulai Sabtu 20 Januari 2018 dan akan berakhir 18 Februari 2018. Rentang waktu itu, PPDP harus memastikan enam item jenis kelengkapan yang harus diteliti, salah satunya kertas pemilih yang sudah berisikan nama-nama pemilih yang berasal dari DP4.

"Pastikan pemilih yang didatangi bisa memperlihatkan enam item itu. Minimal 10 rumah sehari kita datangi," pesan Ramlan kepada PPDP.

Sementara apel coklit juga dilaksanakan di di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Toraranga Kelurahan Maesa Kecamatan Parigi, Sabtu 20 Januari 2018. Ketua KPU Sulteng Sahran Raden menjelaskan, coklit serentak bertujuan meningkatkan kualitas daftar pemilih, dengan cara para penyelenggara nantinya akan mendatangi rumah-rumah pemilih.

“Seluruh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) nanti pada saat melakukan coklit di rumah-rumah pemilih tersebut secara bersamaan atau serentak,” kata Sahran.

Apel di Parimo dihadiri Wakapolres Parimo, Sekda kabupaten Parimo Ardi kadir, serta Panwaslu Kabupaten Parimo, dan PPK, PPS Eks Parigi dan PPDP se Kecamatan Parigi.

Pantauan Metrosulawesi usai gelar apel coklit serentak, Ketua KPU Provinsi yang didamping Ketua KPU Parimo Amelia Idris bersama penyelenggara lainnya, langsung melakukan coklit serentak di rumah Sekda Kabupaten Parimo Ardi kadir, di Desa Pombalowo Kecamatan Parigi. (rad/zul)

 
Editor: Syamsu Rizal