Saturday, 18 August, 2018 - 19:57

Dandim Poso Gembleng Mental Pelajar di Doda

Dandim 1307 Poso Letkol Dody saat memberi arahan di apel bendera di SMPN I Lore Tengah. (Foto: Dok Satgas TMMD)

Poso, Metrosulawesi.com - Dansatgas TMMD 102 yang juga  Dandim 1307/Poso Letkol Inf Dody Triyo Hadi, S.Sos.,M.Si  mengingatkan kepada para pelajar harus berhati- hati dan waspada karena banyak organisasi di luar sana yang mengajarkan tentang kekerasan.

Hal itu ditegaskan Letkol Inf Dody dihadapan ratusan pelajar SMPN I Lore Tengah, Desa Doda, Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso, Sulteng, Senin 16 Juli 2018 pada apel upacara Bendera.

"Diharapkan kepada adik- adik untuk waspada jangan mau terpengaruh ke ajaran yang salah, pegang teguh prinsip kalian menuju ke masa depan yang cerah menjadi generasi penerus bangsa," tegas Letkol Dody.

Kehadiaran Dandim 1307/Poso selaku Dansatgas TMMD 102 yang berlangsung di Desa Doda, memegang tanggungjawab penuh bukan hanya kepada prajurit TNI. Namun tanggungjawab kepada warga dan pemuda termasuk pelajar yang berada dilokasi TMMD.

"Saya di sini untuk membentuk mental adik-adik di karenakan adik- adik ini adalah generasi penerus Bangsa, sepuluh tahun lagi adik- adik inilah yang akan menjadi penerus Bangsa, ada yang akan menjadi seorang Guru, Dokter atau Tentara. Bahkan seorang Presiden, oleh karena itu mulai dari sekarang kalian harus mempunyai motivasi dan cita-cita," kata Letkol Dody.

Dia mengingatkan kepada para pelajar jika pengaruh negatif jaman sekarang sangat mudah mempengaruhi jiwa adik- adik, di karenakan berkembangnya kemajuan teknologi. Oleh karena itu diharapkan kepada adik -adik harus pintar memilah- milah mana yang baik dan mana yang salah, jangan korbankan masa depan kalian.

Di sekolah  SMPN 1 Lore Tengah ini, kata Dandim, dirinya  melihat ada beragam agama, untuk itu jaga kerukunan antar umat beragama. Apapun itu agama kalian itu adalah pilihan keyakinan kalian masing- masing. Intinya kalian yakini iman kalian masing-masing tapi dalam pergaulan dan persahabatan dengan sesama siswa.

"Kalian jangan terkotak-kotak, saling toleransi, persahabatan itu tidak melihat latar belakang karena kita satu bangsa yaitu bangsa Indonesia," Ucap Dandim.

Kehadiran Dandim 1307/Poso mendapat sambutan hangat Kepsek SMPN 1 Lore Tengah Heronius Alimbuto S.Pd.  

"Kami sangat berterima kasih karena Bapak Dandim 1307/Poso bersedia menjadi Pembina Upacara Bendera di SMPN 1 Lore Tengah," ujarnya.

Kehadiran TNI di Desa Doda dalam kegiatan TMMD Kodim 1307/Poso, kata Heronius, sangat memberikan pengaruh positif bagi masyarakat khususnya kepada siswa-siswi kami dengan melihat TNI sering lewat. Sehingga membangkitkan minat mereka untuk menjadi seorang prajurit TNI.

"Dengan adanya pembukaan akses jalan yang dikerjakan oleh TMMD secara tidak langsung berpengaruh kepada pendidikan karena mempermudah bagi orang tua siswa untuk menjual hasil panen, kemudian digunakan untuk biaya sekolah anak mereka," kata Heronius.