Monday, 23 January, 2017 - 06:33

Danrem Cup Diikuti Ratusan Karateka, Panitia Siapkan Uang Pembinaan Total Rp200 Juta

Ketua Panitia, Letkol CPM Indra Jaya. (Foto : Tahmil Burhanudin/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kejuaraan karate terbuka bertajuk Danrem Cup akan digelar di Ballroom Hotel Mercure Palu, 16-18 Desember 2016 pekan ini. Sekitar 500-an karateka diperkirakan akan hadir pada kejuaraan terbuka tersebut.

Ketua Panitia, Letkol CPM Indra Jaya mengatakan hingga Selasa 13 Desember 2016, persiapan menjelang gelaran kejuaraan karate sudah hampir rampung. Sejumlah peserta sudah mulai mendaftarkan nama para atlet karate mereka. Karena kejuaraan tersebut merupakan kejuaraan terbuka, pesertanya berasal dari berbagai daerah se-Indonesia.

“Peserta belum terakumulasi, yang sudah pasti Bali, Sulawesi, Manado, Gorontalo, Morowali. Terus  kemarin dari Makassar. Jakarta dan Jawa Barat juga sudah sounding. Tapi kita target sedikitnya 500-an karate akan ikut,” ungkap Komandan Departemen Polisi Militer (Dandenpom) Palu itu, saat ditemui di ruangannya.

Sebagai salah satu persiapan jelang digelarnya kejuaraan karate, pada Rabu hari ini hingga Kamis besok akan dilaksanakan penyegaran wasit/juri di Gedung Manggala Sakti oleh Dewan Wasit PB FORKI. Setidaknya 8 wasit nasional dan 25 wasit regional se-Sulteng rencananya akan mengawal kejuaraan terbuka Danrem Cup.

Sementara drawing baru akan dilakukan pada Kamis 15 Desember 2016 malam. Sehingga, panitia masih akan menunggu nama-nama atlet dari masing-masing perwakilan yang ingin mengikuti kejuaraan tersebut sebelum dilakukan drawing.

Timbang badan dan pendaftaran dilakukan mulai 14 Desember 2016 pagi di Aula POM hingga 15 sore pukul 16.30 sore sebelum technical meeting.

Di kejuaraan terbuka ini panitia pelaksana juga menyediakan uang pembinaan atlet karate total Rp 200 jutaa.

Kejuaraan Danren Cup ini kedepan diharapkan dapat menjadi event rutin yang masuk dalam kalender kegiatan Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki).

“Pada dasarnya ini sudah menjadi event yang rutin sebenarnya, cuma event ini belum masuk kalender Forki, jadi selama ini masih jadi kalender Korem,” kata Indra Jaya.

“Makanya skalanya dibuat open (terbuka), ini supaya besar, sehingga kedepannya Forki bisa memasukkan event ini ke dalam kalender kegiatan rutin Forki yang diadakan dua tahun sekali,” harapnya.

Sebelumnya Danrem Cup sendiri hampir setiap tahun dilaksanakan berbarengan dengan hari ulang tahun Angkatan Darat atau Hari Juang Nasional.

“Tetapi pelaksanaannya dilihat dari situasi satuan, dalam hal ini Korem.”

Dandenpom meyakini kejuaraan tersebut akan banyak diikuti oleh karateka dari berbagai daerah dan provinsi se-Indonesia, bahkan untuk menaikkan gengsi masing-masing perwakilan perguruan, dia menyebutkan akan ada upaya tarik menarik atlet karate juga.

Sementara itu, Kasrem Letkol Inf Andrian saat memimpin rapat evaluasi Kejuaraan Karate Danrem 132 Tadulako di ruang Songgolangi Korem 132 Tadulako mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan terbesar di akhir tahun , sehingga harus dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, karena melibatkan sejumlah partisipan dari luar wilayah Sulawesi Tengah.

“Saya sudah menerima konfirmasi kedatangan tim Kodam VII/Wirabuana sebanyak 32 orang termasuk official, dan mereka berangkat Rabu besok (hari ini) dari Makassar,” jelasnya.

Pihak panitia telah menerima nama-nama atlet Inkado Sulsel yang akan berlaga terdiri Ivander Jak Revel Rukka, kadet putra kumite 57kg, Redana (junior putra kumite 61kg),Nurul Ayu Istiqamah (junior putri kumete 53kg), Novita Anggraini kumite putri 59kg dan Karina Widya Nalle kumite putri 59kg.

Berikutnya, Nurul Ayu, Novita Anggraeni dan Karina Widya Nalle (Kata Beregu Putri), Akbar Rewa (U-21 putra kumite -60 kg), Osman Nur Matutu (U-21 putra kumite -67 kg), Yosi Pradeco Sumbang (U-21 putra kumite -67 kg), Iskandar Muda (Kata perorangan dan kata beregu).

Harianum Desuk Raty Polapa (U-21 puteri kumite +68 kg), Imam Sutopo S (kelas senior putera kata perorangan dan kata beregu), Moch. Fahri Rahim (senior putra kumite +84 kg).


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Bintang Delapan