Wednesday, 26 July, 2017 - 04:30

Darmin-Syamsuri Diharapkan Bawa Perubahan di Poso

Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Poso, Darmin Agustinus Sigilipu-Syamsuri. (Foto : Metrosulawesi/Eddy)

Poso, Metrosulawesi.com - Warga Kabupaten Poso mengharapkan, setelah dilantiknya pasangan Bupati dan Wakil Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu-Syamsuri sebagai pemimpin baru di Poso, bisa membawa sebuah perubahan.

Wakil Rektor IV Universitas Sintuwu Maroso Poso Suwardi Pantih, So.Sos. Msi optimis, Darmin-Syamsuri mampu membawa perubahan Poso ke arah yang lebih baik. Hal ini dapat tergambar dari niat yang tulus keduanya saat maju sebagai bupati yang penuh banyak rintangan hingga nyaris batal.

"Kita semua meyakini, Darmin-Syamsuri adalah pilihan terbaik, setelah keduanya melewati banyak rintangan dan hambatan saat awal-awal maju, namun semua rintangan yang dibuat manusia tidak dapat menghalangi takdir Tuhan hingga keduanya bisa terpilih sebagai pemimpin Poso," urai Suwardi saat berbincang dengan Metrosulawesi, Selasa (16/2/2016).

Optimisme yang dibawa oleh Darmin-Syamsuri itu menjadi modal untuk membangkitkan optimisme warga Poso menuju arah yang lebih baik.

"Warga Poso harus optimis kalau Poso bisa lebih maju, tentu optimisme itu harus dibarengi dengan kerja keras," ujarnya.   

Secara terpisah, sejumlah warga Poso yang ditemui Metrosulawesi, sangat mengharapkan suatu perubahan dari sektor pembangunan, di bidang ekonomi dan faktor keamanan.

Menurut warga, jika kota Poso aman, akan membuat ekonomi lancar dan investor akan beramai-ramai masuk.

"Saya berharap dan seperti harapan seluruh warga Poso, pemimpin yang baru dilantik jadi Bupati dan wakil Bupati Poso diharapkan bisa membuat perubahan yang warga inginkan, terutama terkait kondisi kemananan dari aksi kelompok Santoso," kata Enal, warga Kelurahan Lawanga.

Katanya, jika nantinya bupati dan wakil bupati Poso terpilih bisa membuat perubahan tanpa memikirkan dan mengingat masa lalu, tentang pembangunan dan kondisi Poso.

"Bupati dan wakil Bupati Poso terpilih diharapkan bisa menantap masa depan yang baik untuk Poso. Kami berharap agar ada perubahan baru, apa lagi terkait pada sistem pelayanan di sejumlah dinas, termasuk penempatan pejabat yang harus sesuai dengan keahlian sesuai dan latar belakang pendidikan,” ujarnya.

Dirinya menyampaikan, agar penempatan jabatan Kepala Dinas bisa disesuaikan dengan keahliannya dan latar belakang pendidikan yang dimilikinya. Selama ini, warga menemukan bahwa ada Kadis yang ditempatkan disalah satu dinas. Namun tidak sesuai dengan pengalaman dan latar belakang pendidikannya. Akibatnya, pelayanan di dinas tersebut menjadi buruk karena pejabat tidak paham tugasnya.

Selain itu juga, sejumlah warga di Poso lainnya, Maxi menginginkan, jika pemimpin baru Bupati dan Wakil Bupati Poso yang membutuhkan para kontraktor untuk diberikan pekerjaan sebuah proyek dalam membangun kota Poso. Tentunya peran Bupati baru  bisa menyeleksi dengan baik para kontraktor yang nantinya diberikan dana untuk  mengerjakan proyek pembangunan, agar mencari kontraktor yang secara baik  bekerja, bijaksana dan bertanggung jawab.

“Tentunya kami ingin pembangunan di kota Poso berjalan dengan baik. Peran Bupati Poso dan wakilnya diharapkan bisa menyeleksi para kontraktor yang mau bekerja secara bertangung jawab dengan pekerjaanya, jangan hanya mau uangnya tapi kerjanya tidak beres kasihan dananya rugi,” tuturnya.

Warga di Poso sangat berharap sekali dengan Bupati Darmin dan Wakil Bupati Poso Syamsuri yang baru saja dilantik bisa memberikan kontribusinya untuk memajukan kota Poso tanpa memikirkan dendam politik. (bn/wan)

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.