Monday, 23 July, 2018 - 14:05

Deklarasi Kemenangan, Kasman-Yasin Minta Timnya Kawal Hasil Penghitungan

DEKLARASI KEMENANGAN - Pasangan Kasman Lassa - M Yasin lakukan konferensi pers di Posko pemenangan Sahabat Kasman-Yasin (Sakaya) di Desa Lero, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala usai merampungkan penghitungan hasil suara berdasarkan format C1-KWK , Kamis 28 Juni 2018. (Foto: Tahmil Burhanudin/ Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.com - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Donggala nomor urut 2 Kasman Lassa - M Yasin mendeklarasikan kemenangannya berdasarkan penghitungan formulir C1-KWK di Posko pemenangan Sahabat Kasman-Yasin (Sakaya) di Desa Lero, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Kamis 28 Juni 2018.

Di hadapan tim pemenangan dan simpatisannya, Kasman dan Yasin menggelar konferensi pers sekaligus deklarasi kemenangan. Kandidat petahana itu meyakini hasil hitung real count timnya tidak akan jauh berbeda dengan hasil yang akan dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) nantinya.

Dari hasil rekap data C1-KWK tiap TPS Sakaya menang di delapan kecamatan, yakni Kecamatan Rio Pakava, Banawa Selatan, Pinembani, Banawa Tengah, Tanantove, Labuan, Sirenja dan Sojol Utara. 

Dari delapan Kecamatan itu pasangan Kasman Lassa-Yasin (Sakaya) berhasil memenangkan sebanyak 51.602 suara atau sekitar 34,76 persen dari total 148.434 (75 persen) pemilih yang menggunakan hak suaranya.

Di urutan kedua dimenangkan oleh pasangan nomor urut 3 Vera Elena Laruni-Taufik M Burhan (Vegata)  dengan perolehan suara sebanyak 40.388 atau sekitar 27,21 persen. Disusul pasangan nomor urut 1 Anita B Nurdin-Abdul Rahman (Arrahman) dengan perolehan suara sebanyak 37,909 atau sekitar 25,54 persen. Dan di urutan terakhir pasangan nomor urut 4, Idham Pagaluma- M Yasin ML (Iyamo)  dengan perolehan suara sebanyak 17.441 atau sekitar 11,75 persen.

“Kemenangan ini berkat doa. Doa orangtua kita. Doa orang-orang yang terzalimi, doa tim, masyarakat dan doa imam-imam masjid. Mari kita kawal proses penghitungan sampai ada keputusan pleno KPU,” ujar Kasman.

Didampingi wakilnya M Yasin, Kasman juga berharap agar masyarakat, khususnya simpatisan Sakaya agar bisa menjaga situasi kondusif setelah proses Pilkada. 

“Kami juga sangat berterima kasih kepada masyarakat yang sudah memilih dan percaya kepada kami pada Pilkada kali ini. Sekarang kita tinggal menunggu keputusan KPU,” kata Yasin menambahkan.

Setiap pidato deklarasi Sakaya disambut teriakan gembira oleh tim dan simpatisannya yang hadir. Usai deklarasi, Kasman-Yasin langsung dikerumuni simpatisannya. Satu persatu menyalami Kasman-Yasin yang didampingi istri masing-masing.

Rasa haru pun mewarnai deklarasi. Kasman tidak sanggup menahan air matanya. Bupati yang masih aktif menjabat itu menangis haru atas kemenangan untuk kedua kalinya di Pilkada Donggala. Tangis haru Kasman seolah jadi pemicu, sejumlah simpatisan ikut meneteskan air mata haru.

“Hari ini, merupakan hari yang sangat berbahagia buat kita semua, hari ini pula kita bersama-sama dengan seluruh tim koalisi partai, dengan mesin relawan Kasman-Yasin, bersama-sama untuk mengawal Sakaya yang sudah bekerja pagi, sore dan malam tanpa mengenal lelah, tanpa pamrih, didukung penuh oleh masyarakat pendukung Kasman-Yasin,” kata Kasman.

“Peristiwa ini dimulai dari tahapan Pemilukada hingga empat bulan lamanya kita berjihad dengan niat tulus dan ikhlas. Perjuangan yang cukup panjang dan melelahkan akhirnya membuahkan hasil yang sangat berharga, yang sangat baik dan sangat memuaskan,” sebut bupati yang masih aktif menjabat itu.

Melalui deklarasi itu Sakaya juga mengaku bangga kepada seluruh timnya yang bekerja secara konsisten tanpa melakukan kerja-kerja politik yang melanggar hukum yang dapat mencederai demokrasi.

“Kepada seluruh masyarakat Donggala, khususnya yang telah memberikan hak pilihnya kepada Sakaya sekali lagi kami ucapkan terima kasih banyak. Kepercayaan ini akan kami emban sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan dan untuk kesejahteraan masyarakat Donggala,” ujar M Yasin mengakhiri.    

 

Editor: Udin Salim