Wednesday, 24 May, 2017 - 04:50

Demokrat Ambil Alih Komisi III

Ketua Fraksi Demokrat, Zulfakar Nasir. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kekuatan Golkar di DPRD Sulawesi Tengah mulai kehilangan taji, satu persatu Alat Kelengkapan Dewan (AKD) lepas. Setelah Komisi I, Komisi II, kini Komisi III juga hilang dari genggaman setelah Ketua Fraksi Demokrat, Zulfakar Nasir berhasil memenangkan pemilihan mengalahkan Zainal Abidin Ishak.

Voting yang berlangsung tertutup Jumat 5 Mei 2017, dimenangkan Zulfakar dengan perolehan suara tujuh orang, sementara Zainal Abidin hanya tiga suara. Kemenangan Zulfakar sekaligus mematahkan dominasi Golkar selama ini.

Dari tiga AKD yang sudah menentukan pimpinannya, Golkar hanya mendapat kursi Wakil Ketua Komisi I yakni Vera Rompas Mastura, sedangkan komisi II dan III Golkar sama sekali tidak memiliki perwakilan diunsur pimpinan.

Kini tinggal komisi IV yang belum melakukan pemilihan pimpinan komisinya, karena sesuai jadwal Komisi IV baru melaksanakan pemilihan pada Senin besok (hari ini -red).

Melihat peta kekuatan di Komisi IV, tampaknya Golkar juga bakal kehilangan posisi pimpinan. Pasalnya Zalzulmida Djanggola sudah “mengamankan” kursinya sewaktu pertemuan di kediaman Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Aminuddin Ponulele di Jalan Lasoso, dimana seluruh pimpinan fraksi menyepakati Komisi IV tetap dipimpin istri gubernur itu.

Wakil Ketua Komisi III terpilih, Muh Masykur membenarkan bahwa sudah terjadi pemilihan di Komisi III yang dimenangkan Zulfakar Nasir mengalahkan Zainal Abidin. Pemilihan yang berlangsung tertutup itu berlangsung cukup tenang tanpa ada ribut-ribut.

Komposisi pimpinan Komisi III yakni Ketua Zulfakar Nasir (Demokrat), Wakil Ketua Muh Masykur (Nasdem) dan Sekretaris Huisman Brant Toripalu (PDIP).

Sebelumnya pemilihan pimpinan komisi juga telah dilaksanakan Komisi I, dengan komposisi Ketua Sri Indraningsih Lalusu (PDIP), Wakil Ketua Vera Rompas Mastura (Golkar) dan Sekretaris Rusli Dg Palabbi (PAN).

Begitupun dengan Komisi II juga telah menyelesaikan proses pemilihan, dengan susunan Ketua Lukky Semen (PDIP), Wakil Ketua Aminullah BK (PKB) dan Sekretaris Ronal Gulla (PAN). Untuk komisi II pemilihannya berlangsung alot.

Dengan selesainya tiga AKD itu, maka masih tersisa tiga AKD lagi belum melaksanakan pemilihan yakni Komisi IV, Badan Pembentukan Perda (Bapperda) dan Badan Kehormatan (BK). Untuk Bapperda tampaknya Yahdi Basma berpeluang memenangkan pertarungan, mengingat saingan ketatnya Zulfakar Nasir sudah terpilih sebagai pimpinan komisi III.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.