Thursday, 17 August, 2017 - 19:52

Demokrat-Nasdem Rebutan Ketua Bapperda DPRD Sulteng

Zulfakar Nasir dan Yahdi Basma. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Perebutan pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) semakin ketat, lob-lobi politik semakin gencar dilakukan masing-masing partai. Salah satu yang menjadi rebutan yakni Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapperda) DPRD Sulawesi Tengah.

Informasi yang dihimpun Metrosulawesi beberapa hari terakhir, Demokrat dan Nasdem bersaing ketat memperebutkan posisi Ketua Bapperda, dimana Demokrat mengusung ketua fraksinya Zulfakar Nasir sedangkan Nasdem menjagokan Yahdi Basma.

Jika tidak ada aral melintang, sesuai jadwal yang ditetapkan Badan Musyawarah (Bamus) Rabu 3 Mei hari ini akan dilakukan pendistribusian anggota fraksi ke AKD sekaligus pemilihan ketua AKD yang baru.

Ketua Fraksi Demokrat, Zulfakar Nasir mengakui bahwa Demokrat menaruh perhatian khusus kepada Bapperda dan berupaya memperoleh dukungan sebagai pimpinan Bapperda. “Dari enam AKD yang ada, sisa Bapperda masih punya peluang,” tegas Zulfakar, Selasa 2 Mei 2017.

Zulfakar juga mengakui tidak mempersoalkan posisi Ketua Komisi III dijabat oleh Zainal Abidin Ishak dari Golkar, meskipun sebelumnya milik Demokrat. Dirinya merasa kepemimpinan Zainal di Komisi III mampu mengakomodir kepentingan seluruh anggota komisi.

Begitupun dengan Nasdem, untuk menggolkan Yahdi Basma sebagai ketua Bapperda komunikasi politik juga terus dibangun, bahkan lobi-lobi ketingkat fraksi semakin digencarkan partai yang berslogan restorasi itu.

Bergengsinya posisi Ketua Bapperda karena mempermudah bagi partai politik membentuk sebuah Peraturan Daerah (Perda), hal inilah yang menjadikan sejumlah partai juga berminat menduduki pucuk pimpinan Bapperda.

Selain Ketua Bapperda, perebutan Ketua Komisi IV juga semakin memanas. Ketua DPW PKS Sulawesi Tengah, Zainuddin Tambuala mempunyai kans paling besar untuk mendudukinya mengganti Zalzulmida Djanggola.

Berdasarkan informasi yang dhimpun media ini, dukungan kepada Zainuddin terus mengalir dari anggota Komisi IV dan hampir dipastikan pada pemilihan hari ini Zainuddin bakal memenanginya.

Begitupun dengan Ketua Komisi II, kekuatan Lukky Semen semakin kokoh melengserkan Yus Mangun dari posisi ketua. Saat ini suara Lukky Semen mencapai enam orang, artinya dukungan ke Yus Mangun tersisa empat orang dari 10 anggota Komisi II.

Sementara untuk posisi Ketua Komisi I dan Komisi III nampaknya tidak ada perubahan, dimana Sri Indraningsih Lalusu masih dipercaya sebagai Ketua Komisi I, sedangkan Zainal Abidin Ishak juga masih mendapat dukungan kuat sebagai Ketua Komisi III.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.