Tuesday, 22 May, 2018 - 04:25

Desa Jononunu Koleksi 2.000 Buku

Saharudin B Lawasa. (Foto: Ist)

Cerdaskan Anak di Desa, Bangun Pondok Baca

Parimo, Metrosulawesi.com – Pemerintah Desa Jononunu Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) akan membangun pondok baca. Pembangunan pondok baca tersebut bersumber dari dana desa (DD) tahun 2018.

Kades Jononunu Saharudin B Lawasa kepada Metrosulawesi ditemui Minggu 6 Mei 2018 mengatakan, saat ini desa yang dipimpinnya mengoleksi sedikitnya 2.000 buku yang merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulteng, tahun 2017. Selain itu, mobiler berupa rak buku sebanyak dua unit.

"Sehingga kami mengembangkannya dengan membangun perpustakaan," terangnya.

Dia mengatakan, pondok baca tersebut rencananya akan dibangun di dusun dua, dan akan didesain seperti Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk meningkatkan minat masyarakat berkunjung ke tempat tersebut.

“Sehingga pondok baca itu akan kami desain seperti RTH, agar masyarakat khususnya anak-anak, pelajar dan remaja lainnya bisa berminat untuk datang ke perpustakaan tersebut," ungkapnya.

Udin, sapaannya menambahkan, keberadaan perpustakaan di Desa Jononunu tersebut dinilai sangat penting sebagai upaya mencerdaskan anak bangsa. Serta dengan adanya pondok baca tersebut akan menjadi alternatif pemuda untuk meluangkan waktu yang lebih positif.

Berdasarkan sepengetahuannya bahwa pemerintah pusat saat ini sedang gencar-gencarnya meningkatkan minat baca anak. Sehingga dirinya ingin ikut mendorong hal tersebut.

“Agar membudayakan membaca pada masyarakat khususnya masyarakat Jononunu," jelasnya.

Udin berharap, agar sumber daya manusia di Desa Jononunu nantinya akan mampu bersaing dengan desa lain, bahkan yang berada di daerah lainnya dengan berbagai sarana dan prasarana pendukungnya. 


Editor: Syamsu Rizal