Monday, 21 August, 2017 - 01:27

Deteksi Alergi dengan Mudah

ILUSTRASI - Alergi. (Foto : Ist)

Metrosulawesi.com - Bagi sebagian orang, alergi menjadi suatu penyakit yang terdengar biasa dan sering kali terabaikan. Namun, tanpa kita sadari, alergi yang dialami dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan dapat membahayakan jiwa.

Alergi merupakan kegagalan kekebalan tubuh dimana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen. Ironisnya, banyak hal yang dianggap asing oleh sistem imun tubuh ini ternyata adalah hal-hal yang biasa kita temukan di rumah.

Pemeriksaan IgE Atopy (Panel Indonesia) dengan metode in vitro adalah pemeriksaan semi kuantitatif untuk mendeteksi kemungkinan alergen yang memicu terjadinya gejala-gejala alergi pada pasien dan dapat menjadi pilihan dalam upaya deteksi alergen pada kondisi yang tidak memungkinkan dilakukan skin test.

Pemeriksaan IgE Atopy (Panel Indonesia) terdiri dari 55 alergen yang lebih sesuai dengan alergen yang ada di Indonesia, meliputi beberapa kelompok alergen seperti alergen yang berasal dari pohon/tanaman/rumput, tungau, hewan, komponen susu, jamur, komponen makanan, makanan laut, sayuran dan buah-buahan, serta daging.

Pemeriksaan IgE Atopy perlu dilakukan oleh mereka yang mengalami alergi dipicu oleh alergen inhalasi atau makanan terutama pada kondisi sebagai berikut: gangguan kulit luas sementara tes kulit harus dilakukan pada kulit yang sehat/normal, dermatographism yang berat, anak-anak yang sulit melakukan tes kulit, dan pasien yang tidak boleh berhenti menggunakan anti histamine atau obat lain yang dapat mengganggu hasil tes kulit.

Melalui pemeriksaan IgE Atopy (Panel Indonesia) dapat diketahui kemungkinan alergen yang memicu terjadinya gejala-gejala alergi pada pasien seperti gatal-gatal, gatal pada mata atau hidung, bersin, hidung tersumbat, rasa sesak di tenggorokan atau kesulitan bernapas.    
   
Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi laboratorium klinik Prodia, Jl. S. Parman No. 16, Palu (0451-451639 atau 0822 9167 2222).

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.