Monday, 23 January, 2017 - 06:35

Dibutuhkan Sosok Wagub yang Mengayomi

Husen Andi Nawi. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Dinamika politik dalam mencari sosok pengganti Almarhum Mantan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sudarto untuk mendampingi Gubernur Longki kian marak. Hal ini juga mendapat perhatian sesepuh Golkar Donggala yang sekaligus pengusaha galian C, Husen Andi Nawi.

Kata dia, tipe Wakil Gubernur yang cocok mendampingi Longki Djanggola adalah sosok yang mengayomi.

“Layaknya seorang ibu kandung terhadap anaknya, yang memiliki sikap mengayomi. Artinya, Longki dapat memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada wakilnya untuk menjalankan tugas-tugas kepemimpinan. Dengan begitu, hubungan emosional antara Wagub dan Gubernur terjalin baik, seperti yang terlihat antara Longki-Sudarto,” kata Husen di Palu belum lama ini.

Husen mengatakan jika ada tokoh masyarakat ataupun kader parpol yang memiliki kemampuan seperti itu, layak untuk dipilih sebagai Wagub.

“Longki harus mampu menemukan sosok Wagub yang mendekati kepiawaian dan kharisma Sudarto. Longki merasa nyaman saat memberikan kepercayaan kepada Sudarto mewakili dirinya dalam berbagai kesempatan. Sudarto juga merasa nyaman ketika menjalani tugas-tugasnya sebagai wagub,” jelasnya.

“Saya berharap sosok seperti itu bisa tampil ke permukaan, mungkin sedikit jumlahnya, namun Sulawesi Tengah masih memiliki sosok seperti itu,” tambahnya.

Husen mengatakan hubungan emosional yang baik antara Gubernur dan wakilnya akan berpengaruh positif pada tugas-tugas pemerintahan.

“Wagub yang baru nanti harus jeli dalam melihat kinerja Gubernur. Wagub yang baru nanti diharapkan mampu memberikan kritik membangun serta memberikan solusi dan dukungan ketika terbentur masalah,” katanya.

Ditanya bagaimana jika dirinya diusung untuk menjadi calon Wagub, Husen mengatakan jika ada parpol yang mendukung, kenapa tidak.

“Saya sebagai warga Sulawesi Tengah merasa sangat terhormat jika mendapatkan kesempatan seperti itu. Karena disitulah moment saya untuk menunjukkan pengabdian yang baik untuk membangun Sulawesi Tengah. Menurut saya, Sulawesi Tengah ini memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang bagus. Memaksimalkan pengelolaan SDA dan melakukan berbagai usaha untuk peningkatan SDM harus diutamakan. Semoga Sulawesi Tengah dapat menjadi provinsi maju di timur Indonesia,” tutupnya.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Bintang Delapan