Sunday, 23 September, 2018 - 12:24

Dicecar Lima Pertanyaan, Agussalim Santai Jalani Uji Kepatutan

Agussalim Wahid. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah melakukan uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPU kabupaten/kota di swissbel hotel Senin 9 Juli 2018. Aktifitas uji kepatutan dan kelayakan berlanghing hingga malam hari.

Dari 13 kabupaten/kota di Sulawesi Tengah, 10 daerah sudah menjalankan uji kepatutan dan kelayakan, masih tersisa tiga daerah daerah lagi yakni Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Parigi Moutong.

Salah satu yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan kemarin yakni Agussalim Wahid. Calon petahana KPU Kota Palu ini mengaku diberikan lima pertanyaan dari tim seleksi dari KPU Sulawesi Tengah ialah Syamsul Y Gafur dan Halima.

Kepada Metrosulawesi Agus mengakui tidak terlalu dibebani dengan uji kepatutan itu, dia berusaha santai menjalankannya. Dari lima pertanyaan yang diterimanya, pelaksnaan teknis kepemiluan menjadi poin inti dari pertanyaan tim seleksi.

“Pertanyaan berkaitan dengan teknis kepemiluan. Alhamdulillah semuanya dapat saya jawab,” ujar Agussalim usai menjalankan uji kepatutan dan kelayakan.

Agussalim merupakan satu-satunya calon petahana dari KPU Kota Palu. Dengan tahapan pemilu sudah berjalan, dibutuhkan komisioner yang siap kerja, sehingga seluruh tahapan pemilu bisa berjalan sesuai mekanisme yang berlaku.

Pantauan Metrosulawesi, uji kepatutan dan kelayakan kemarin berjalan dengan lancar. Sejumlah kandidat terlihat tegang menghadapi tim seleksi, namun beberapa orang terlihat santai menjalankannya.

Berdasarkan informasi, pengumuman hasil uji kepatutan dan kelayakan dilaksanakan pada Rabu 11 Juli 2018, sementara pelantikan pada Jumat 13 Juli 2018.

Jalannya uji kepatutan dan kelayakan kemarin, dipantau langsung anggota KPU RI, Viryan. Sebelumnya Viryan juga yang datang ke Palu saat melakukan uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu.