Saturday, 22 September, 2018 - 05:23

Dinilai Komitmen Sukseskan KKBPK, Walikota Diusulkan Terima Penghargaan Presiden

Abdullah Kemma. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulteng Abdullah Kemma mengungkapkan dalam kurun dua tahun kedepan bakal mengusulkan Walikota Palu Hidayat untuk menerima penghargaan dari Presiden RI.

“Tapi dengan catatan komitmen dan dukungan dalam menyukseskan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) harus tetap dan kalau bisa meningkat. Kalau tetap atau bahkan meningkat akan kami pertimbangkan untuk mendapatkan penghargaan dari Presiden yaitu Satyalancana Pembangunan,” ungkap Abdullah saat menghadiri pencanangan Kampung KB Torabelo di RW 01/RT 03 Kelurahan Tondo, Rabu, 15 Agustus 2018.

Abdullah mengatakan pihaknya menilai dalam kurun kepemimpinan di Kota Palu, Hidayat sangat berkomitmen menyukseskan program KKBPK. Hal itu terbukti dengan penghargaan Manggala Karya Kencana yang diterima Walikota diserahkan oleh Kepala BKKBN Pusat saat peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXV baru-baru ini di Manado.

Menurut Abdullah penghargaan yang diterima walikota merupakan suatu prestasi karena diraih hanya dalam kurun beberapa tahun pemerintahan. Selain itu, ternyata dari sekian kabupaten/kota di Sulteng penerima penghargaan Manggala Karya Kencana, hanya Walikota Palu dan istri yang menjabat Ketua TP PKK Kota Palu menerima penghargaan tersebut.

“Jadi dari tujuh kabupaten/kota di Sulteng yang kami usulkan menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala BKKBN Pusat, hanya Walikota Palu dan ibu yang menerimanya, ini luar biasa,” ujar Abdullah.

Seperti diketahui, Sulteng menjadi penerima penghargaan Manggala Karya Kencana terbanyak saat peringatan Hari Keluarga Nasional. Total enam penghargaan Manggala Karya Kencana diterima oleh Bupati Poso, Banggai, Tojo Unauna, Morowali Utara, Walikota Palu dan Ketua TP PKK Kota Palu. Sementara Gubernur Sulteng H Longki Djanggola menerima Satyalancana Pembangunan 2018 dari Presiden RI melalui Menko PMK Puan Maharani.

Para kepala daerah tersebut dinilai telah menunjukkan komitmen dan dukungan serta berjasa dalam program KKBPK di wilayah masing-masing.

“Alhamdulillah pak gubernur mendapatkan apresiasi Pemerintah pusat dari bapak Presiden berupa satyalancana pembangunan. Itu menjadi bukti bahwa langkah-langkah yang dilakukan pada program KKBPK telah berjalan sangat baik,” kata Abdullah.

Masing-masing penghargaan yang diterima dinilai berdasarkan dua aspek yaitu aspek dukungan komitmen dan aspek capaian program KKBPK serta telah melalui proses peninjauan lapangan oleh tim Sekretariat Militer Kepresidenan dan BKKBN.

“Mudah-mudahan penghargaan itu akan meningkatkan motivasi kita lagi kedepan untuk membangun kualitas masyarakat yang dimulai dari keluarga sesuai dengan paparan pak gubernur beberapa waktu lalu didepan Tim Setneg, Setmil dan BKKBN Pusat,” tandas Abdullah.   


Editor: M Yusuf Bj