Monday, 23 April, 2018 - 13:19

Dinkes Sigi Siapkan Insentif Dokter Daerah Terpencil, Disediakan Rumah Hingga Mobil

dr Sofyan Mailili. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sigi akan memberikan tambahan penghasilan alias insentif, kepada dokter yang ingin ditugaskan daerah terpencil (Dacil) di Kabupaten Sigi.

Kepala Dinkes Sigi, dr Sofyan Mailili, kepada wartawan baru-baru ini, mengakui di wilayah Sigi tidak semua tersedia dokter. Ada beberapa wilayah terpencil bagian pedalaman Sigi, sebut saja di dataran Lindu, Pipikoro, Kulawi Selatan, Nokilalaki, dan Marawola Barat, yang tidak tersedia tenaga dokter.

“Kuota dokter di Sigi tidak kurang tapi tidak merata saja. Karena doker yang ada dataran bawah Sigi melebihi kuota dan mencapai 70 persen,” ungkapnya.

Dr Sofyan menambahkan, solusi dokter ini sehingga bersedia ditempatkan di wilayah terpencil. Maka Dinkes Sigi melalui anggaran 2018 ini akan memberikan insentif kepada dokter yang siap ditempatkan di wilayah pedalaman.
Selain pemberian insentif itu, kata dia, ada beberapa fasilitas tambahan yang akan diberikan seperti rumah dilengkapi dengan fasilitas perabotan, dan kendaraan roda dua maupun roda empat (mobil).

“Akan tetapi besarnya insentif yang diterima dokter ditugaskan di pedalaman nanti belum bisa diberitahu dulu. Yang jelas ada pemberian insentif 2018 ini,” terangnya.

Menurutnya, program lain Dinkes Sigi terkait kouta dokter Sigi yang lemah di pedalaman adalah dengan menyekolahkan anak daerah Sigi. Dengan harapan, ketika selesai study ilmu kedokteran itu. 

“Maka bersangkutan pulang kampung (Pulkam) ke daerah sendiri untuk mengabdikan dirinya ke masyarakat,” pungkasnya. 


Editor: Syamsu Rizal