Saturday, 22 September, 2018 - 09:55

Dinsos Parimo Latih 35 Tagana dan KSB

PELATIHAN - Tagana dan KSB saat menerima materi pertolongan pertama. (Foto: Ist)

Parimo, Metrosulawesi.com - Sebanyak 35 orang peserta yang tergabung dari Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dan Kampung Siaga Bencana (KSB) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) yang berasal dari kecamatan Siniu dan Kecamatan Sidoan, mengikuti pelatihan dan pemantapan.

“Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana jika sewaktu-waktu terjadi," ungkap Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Parimo, Muh Ishak kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Jumat 7 September 2018.

Lanjut dia, bahwa kegiatan pelatihan dan pemantapan ini dilaksanakan untuk mengasah dan melatih kembali kemampuan para anggota Tagana dan KSB dalam menghadapi bencana yang ada di Kabupaten Parimo.

"Berdasarkan amanat Undang Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana yang diimplementasikan melalui peraturan Menteri Sosial RI Nomor 29 tahun 2012 pasal 18 ayat satu, yakni Tagana mempunyai hak mengikuti peningkatan kemampuan dan kualitas sesuai dengan kapasitas yang dimilikinya," tuturnya.

Ia menambahkan, untuk mendapatkan pemantapan dan pelatihan penanggulangan bencana  secara berkala oleh Kementerian Sosial RI dengan pemerintah daerah peserta pelatihan tersebut akan mendapatkan sertifikat.

"Sebagai seorang relawan dari masyarakat yang memiliki kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana, bidang bantuan sosial senantiasa siap siaga serta sigap tanggap melaksanakan tugas kemanusiaan tersebut," pungkasnya. 


Editor: Syamsu Rizal