Tuesday, 22 May, 2018 - 04:29

Dirjen Targetkan Kepemilikan Dokumen Penduduk Sulteng Capai 95 Persen

LANGSUNG DISERBU - Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh didampingi Kepala Disdukcapil Sulteng Abd Haris Yatolembah berbincang dengan salah satu warga yang tengah mengantri pelayanan e-KTP di Lapangan Vatuleme, Jumat, 11 April 2018. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Masyarakat Sulawesi Tengah (Sulteng) langsung memadati pelayanan e-KTP di Lapangan Vatulemo yang mulai dibuka, Jumat, 11 April 2018. Pelayanan tersebut merupakan rangkaian launching Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) tingkat Provinsi Sulteng yang dilakukan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh.

Dirjen usai melaunching GISA menyempatkan diri melihat langsung pelayanan e-KTP di Lapangan Vatulemo, didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Mohamad Hidayat Lamakarate dan Kepala Disdukcapil Sulteng Abd Haris Yatolembah.

Dirjen menuturkan Kementerian Dalam Negeri berharap pencetakan e-KTP di Sulteng bisa semakin meningkat dan bisa naik ke level 10 besar se-Indonesia. Dia menargetkan kepemilikan dokumen kependudukan di daerah ini bisa mencapai angka 95 persen.

"Kita target hingga Desember 2018 mendatang kepemilikan dokumen kependudukan Sulawesi Tengah berada di angka 95 persen," ujar Dirjen.

Menurut Dirjen program GISA yang dicetuskan pemerintah pusat melalui kementeriannya sangat antusias diikuti masyarakat yang melibatkan semua kabupaten/kota di Sulteng. Ia menilai, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil se-Sulteng sangat kompak, terbukti tingginya antusias masyarakat yang melakukan perekaman dan pencetakan dokumen kependudukan tersebut.

“Masyarakat juga harus proaktif mendatangi kantor kecamatan maupun Disdukcapil untuk perekaman. Disdukcapil juga perlu proaktif mendatangi masyarakat seperti yang telah dilakukan saat ini membuka pelayanan e-KTP di Lapangan Vatulemo,” ucap Dirjen.

Dia mengungkapkan, sesuai data yang dimiliki Kementerian Dalam Negeri, secara nasioanl proses perekaman e-KTP di seluruh tanah air sudah mencapai angka 97,4 persen, adapun Provinsi Sulawesi Tengah sudah berada di angka 88 persen. Hal itulah yang membuatnya optimistis target 95 persen kepemilikan dokumen kependudukan bisa tercapai.

“Persentasenya tinggal sekitar 12 persen lagi yang belum melakukan perekaman, oleh karena itu jika Sulawesi Tengah bisa mencapai angka 95 persen sangat bagus. Kami harap prosesnya bisa cepat rampung di Sulawesi Tengah ini,” ungkap Dirjen.

Dirjen menambahkan, GISA merupakan program nasional dalam rangka melayani masyarakat untuk pembuatan dokumen kependudukan secara berkelanjutan agar masyarakat bisa memiliki dokumen kependudukan secara gratis.

“Dengan dukungan bapak Gubernur Sulteng dan para bupati/walikota, semua pasti akan bisa berjalan baik sesuai target,” tandasnya.  


Editor: Udin Salim