Tuesday, 22 May, 2018 - 04:27

Disdikbud Sulteng Mulai Sortir Ijazah SMK

Moh David. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Direktorat SMK Kemendikbud RI tahun ini mempercepat pengiriman ijazah untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Percepatan itu dimaksudkan agar tidak ada lagi surat keterangan kelulusan diberikan ke siswa yang telah dinyatakan lulus oleh sekolah.

Demikian dikatakan Sekretaris Panitia Ujian Nasional (UN), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Muh David, Rabu, 9 Mei 2018.

Olehnya itu kata David, Disdikbud Sulteng saat ini telah menyortir ijazah dengan mengunakan nomor seri.

“Jumlah ijazah yang tiba di Sulteng sebanyak 24 dos, dari jumlah kami sudah menyimpan cadangan, untuk mengantisipasi jangan sampai ada yang salah tulis atau hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga disiapkanlah cadangannya,” ujarnya.

David mengatakan ijazah SMK telah di nomor serikan oleh Disdikbud Sulteng,  sehingga ketika terjadi masalah, dapat diketahui dengan gampang.

“Contohnya di Kota Palu, nomor serinya dari satu hingga 10. Ketika ada ijazah abal-abal dapat diketahui, misalnya ada ijazah menggunakan nomor seri Kota Palu, sedangkan ijazahnya keluar dari Donggala, itu dapat dipertanyakan, dan kode tersebut akan terlihat tidak sama,” jelasnya.

Sementara kata dia, untuk penulisan nilai di ijazah diserahkan ke sekolah masing-masing.

“Kami berharap ijazah ini jangan di salah gunakan, selain itu penulisanya jangan sampai ada salah, perlu ada ketelitian dalam hal penulisan ijazah,” ujarnya.

David juga menegaskan kepada sekolah agar jangan sekali-sekali memungut biaya apapun dalam pengambilan ijazah.

“Kasihan para siswa di pungut biaya jika mengambil ijazah. Pengambilan ijazah di kantor Dikbud Sulteng tidak ada dipugut apapun, semua serba gratis,” ungkapnya.

Kata dia, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan terkait adanya pemungutan biaya ijazah kepada siswa. Jika memang ada sekolah yang melakukan pengutan itu, akan beresiko kepada yang kepsek bersangkutan. 


Editor: M Yusuf Bj