Saturday, 22 September, 2018 - 09:48

Disdukcapil Sulteng Distribusikan Blanko e-KTP

Moh Risal Damsud. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulteng terus mendistribusikan stok blanko e-KTP ke kabupaten/kota di daerah ini. Demikian diungkapkan Sekretaris Disdukcapil Sulteng Moh Risal Damsud kepada Metrosulawesi, Rabu, 12 September 2018.

“Baru-baru ini kami distribusikan 14.000 keping ke kabupaten/kota untuk menambah stok disana,” ungkap Risal.

Dia mengatakan saat ini hampir semua kabupaten mengajukan permohonan penambahan stok blanko. Hal tersebut untuk merealisasikan target perekaman dan kepemilikan e-KTP kepada 100 ribu lebih masyarakat se Sulteng.

Disdukcapil Sulteng kata Risal saat ini masih memiliki stok blanko sekitar 10.000 keping. Selain itu dalam waktu dekat akan mendapat penambahan stok blanko e-KTP yang tengah diupayakan Kepala Disdukcapil Sulteng Abd Haris Yatolembah.

“Cuma jumlah penambahan stok belum kami ketahui karena masih menunggu acc kementerian. Tapi alhamdulillah selama ini pengajuan yang kita sampaikan selalu mendapat persetujuan,” ucapnya.

Penyedian stok blanko tersebut kata Risal merupakan bentuk dukungan Disdukcapil Provinsi Sulteng untuk mewujudkan perekaman dan kepemilikan e-KTP terhadap 100 ribu lebih masyarakat.

Disdukcapil Provinsi Sulteng sendiri hanya sebagai fasilitator karena pelayanan kependudukan berada di kabupaten/kota. Disdukcapil Provinsi Sulteng juga berencana memberikan pinjaman ribbon (tinta) kepada kabupaten/kota.

“Tapi kita hanya bisa pinjamkan, tidak dihibahkan karena nanti menjadi temuan,” tandas Risal.

Kepala Disdukcapil Sulteng Abd Haris Yatolembah dalam sejumlah kesempatan menyampaikan akan senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan di kabupaten/kota, termasuk meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait di daerah ini.

“Kami komitmen percepatan pelayanan kependudukan bisa dirasakan masyarakat, khususnya untuk e-KTP. Komitmen itu sebagaimana harapan bapak gubernur kita,” pungkas Haris.


Editor: M Yusuf Bj