Tuesday, 21 November, 2017 - 14:41

Dishub Sulteng Programkan Mudik Gratis 2017

Abd Haris Renggah. (Foto : Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah Haris Rengga mengatakan tahun ini, pihaknya memprogramkan mudik gratis melalui transportasi darat, khusus wilayah Sulteng. 

“Untuk itu bagi masyarakat yang mau pulang kampung, namun tidak mampu, kami tahun ini memprogramkan mudik gratis,” kata Haris di Palu, Kamis, 30 Maret 2017.

Haris mengatakan program ini untuk pertama kali dilakukan Pemerintah Provinsi Sulteng menghadapi hari raya Idul Fitri 2017.

“Daerah tempat persinggahan mudik hanya sampai di ibukota kabupaten saja. Program ini dilaksanakan H-3 lebaran Idul Fitri,” ujarnya.

Haris mengungkapkan program ini tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat umum, namun mahasiswa atau pelajar yang tidak mempunyai dana untuk pulang kampung, pihaknya siap memfasilitasi untuk mudik gratis.

“Sehingga program ini dapat tersalurkan ke semua aspek, yang dikategorikan ekonominya kurang mampu ketika ingin pulang kampung asalnya,” ungkapnya.

Kata dia,para penumpang akan diberangkatkan dari Terminal Mamboro Palu menuju sejumlah kabupaten yang ada di Provinsi Sulteng.

“Misalkan untuk mereka yang mudik ke Kabupaten Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan, bus digunakan hanya sampai di Kota Luwuk. Nanti, dari Luwuk, bagi pemudik tujuan Banggai Laut dan Banggai Kepulauan akan melanjutkan perjalanan dengan transportasi lainnya” jelasnya.

Untuk kesiapan armada angkutan mudik gratis itu, pihaknya menjamin akan memberikan fasilitas terbaik. Meski penumpang dipastikan akan mengalami peningkatan.

Haris mengatakan dengan ketersediaan armada, baik kapal laut, pesawat dan bus, pihaknya masih bisa mengatasi lonjakan penumpang saat mudik  lebaran Idul Fitri.

“Bus yang akan digunakan untuk program mudik gratis yakni bus DAMRI dan komersial. Dananya akan ditanggung oleh Pemprov Sulteng dalam hal ini Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah,” katanya.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.