Monday, 23 July, 2018 - 14:17

Diskanlut Dukung Desa Pantai Sehat Berbasis Religi

Kepala Dinas Perikananan dan Kelautan Kabupaten Donggala Ali Assegaf (kedua dari kiri) berdialog dengan Ketua Panitia Deklarasi Desa Pantai Sehat,Dr Aksan Marjudo,akhir pekan lalu. (Foto: Ist)

Donggala, Metrosulawesi.com - Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Donggala Ali Assegaf mendukung penuh kegiatan deklarasi desa pantai sehat berbasis religi yang digagas Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu.

“Saya kira ini kegiatan sangat bagus dan kita sangat meresponnya. Apalagi lokasi yang dipilih merupakan daerah pesisir pantai dan perlu diberdayakan,’’ ujar Ali Assegaf saat ditemui media ini bersama tim panitia deklarasi desa pantai sehat,akhir pekan lalu.

Menurut Ali, Desa Kaliburu merupakan lokasi yang tepat untuk menjadi salah satu pusat pemberdayaan mengingat masyarakatnya yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Selain itu, Desa Kaliburu rawan terjadi abrasi sehingga perlu mendapat perhatian serius.

“Bahkan beberapa waktu lalu terjadi abrasi di desa itu. Jadi memang perlu mendapat perhatian terhadap masyarakat di situ,’’ tandasnya lagi.

Hanya saja, Ali meminta agar kegiatan yang digagas Unisa tersebut harus berkelanjutan dan tidak hanya sebatas deklarasi. Pihaknya pun siap berpartisipasi dalam membantu masyarakat khususnya dalam sisi pemberdayaan masyarakat nelayan korban abrasi.Ia berupaya untuk memberikan bantuan sarana maupun tempat ikan kepada nelayan, termasuk di antaranya berupa termos.

Sementara itu, Ketua Panitia Deklarasi,Dr Aksan Marjudo,M.P kepada mengatakan deklarasi tersebut bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat Desa Kaliburu perihal perilaku hidup sehat terutama dalam menjaga kebersihan pantai. Menurut Aksan, melalui kegiatan ini masyarakat diharapkan tidak lagi membuang sampah atau kotoran manusia sembarangan karena pantai itu sendiri merupakan tempat mencari nafkah.

“Jadi kita ingin merubah perilaku masyarakat disana dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat,’’ tekannya.

Terkait kelanjutan kegiatan tersebut,Wakil Rektor I Unisa tersebut menyampaikan kalau Desa Kaliburu memang tidak hanya sekadar dijadikan lokasi deklarasi desa pantai sehat tapi nantinya akan dijadikan sebagai desa binaan dan sekaligus menjadi desa sentra halal seafood.

“Jadi memang tidak hanya sebatas deklarasi tapi ada kegiatan berkelanjutan. Desa Kaliburu nanti akan kami jadikan sentra desal halal seafood,’’ pungkasnya.


Editor: Syamsu Rizal

Tags: