Monday, 29 May, 2017 - 08:12

Disparekraf Sulteng Gelar Lomba Foto Pariwisata Hadiah Rp30 Juta

RITUAL ADAT - Salah satu ritual adat yang digelar di Palu, beberapa waktu lalu. Dinas Parekraf Sulteng menggelar lomba foto dengan dua kategori yakni budaya dan destinasi. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sulawesi Tengah menggelar lomba foto pariwisata dengan total hadiah Rp30 juta. Sampai, Rabu 16 November jumlah pendaftar pada lomba ini sudah mencapai 50 orang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tengah Hj Norma Mardjanu mengatakan, lomba digelar sebagai upaya mempromosikan objek-objek wisata. Ada dua kategori yang dilombakan yakni budaya dan destinasi.

Foto hasil lomba nantinya dipilih untuk menjadi bahan promosi dan publikasi objek wisata di Sulawesi Tengah.

"Hasil lomba untuk bahan pameran-pameran baik provinsi, nasional dan internasional," kata Norma Mardjanu kepada Metrosulawesi, Rabu 16 November 2016.

Adapun juri pada lomba foto ini yakni Ketua Pewarta Foto Indonesia (FPI) Sulteng Basri Marzuki, Konsultan Pariwisata Recky Lapian dan Ketua Asosiasi  Profesi Foto Indonesia (APFI) Sulteng Joshua Marunduh. Batas lomba sampai 19 November dan akan dilakukan penjurian pada 20 November 2016.

Namun sebelum penjurian, tiga dewan juri tersebut akan memberikan materi tentang fotografi dalam bentuk talkshow di Studio MS Radio di Palu Grand Mall, Sabtu 19 November 2016. Selain ketiga praktisi fotografi tersebut, Kepala Disparekraf Sulteng Norma Mardjanu juga akan menjadi narasumber pada talkshow tersebut.

Norma Mardjanu berharap, melalui lomba foto, destinasi wisata di Sulawesi Tengah semakin dikenal bukan hanya di tingkat nasional, tapi juga hingga ke mancanegara. Menyebarluaskan foto destinasi wisata adalah salah satu sarana yang tepat untuk mempromosikan kekayaan budaya dan keindahan alam di Sulawesi Tengah.

"Ini direncanakan menjadi agenda tahunan bila memungkinkan," katanya.

Seorang pegiat fotografi di Palu, Uchin mengatakan tertarik mengikuti lomba foto yang digelar Disparekraf Sulteng. Sebagai warga Sulteng, dia ingin mempromosikan destinasi wisata melalui karya foto.

Namun, dia mengaku belum mendapat informasi mengenai lomba yang akan berakhir tiga hari ke depan.

“Saya mau ikut, tapi baru tau sekarang kalau ternyata ada lomba foto,” kata Uchin saat diminta tanggapan, Rabu 16 November 2016.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.