Friday, 20 April, 2018 - 22:45

Disperindag Morowali Temukan Kasus Cacing Ikan Kaleng

RAZIA - Disperindag Morowali merazia di salah satu toko di Kecamatan Bungku Tengah. (Foto: Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Morowali, Metrosulawesi.com - Menyikapi  peredaran beberapa produk ikan kaleng mengandung cacing, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) daerah Kabupaten Morowali melakukan razia toko-toko penjual di wilayah Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali.

Kepala Seksi Perlindungan Konsumen, Disperindag Kabupaten Morowali Lusiana Wati mengatakan, razia sudah dilakukan selama empat hari, dan menemukan beberapa toko menjual produk ikan kaleng yang setelah dilakukan pengujian positif mengandung cacing.

"Untuk sementara ini yang sudah kami periksa di Kecamatan Bungku Tengah dan kemarin ada satu, tapi sudah diamankan. Terus yang hari ini, di salah satu toko ada sedikit diskomunikasi, karena mereka juga tidak mau disita dengan alasan mau dikembalikan," sebut Lusiana Wati saat melakukan razia, Rabu 4 April 2018.

Disperindag memiliki tanggungjawab mengantisipasi produk makanan dipastikan kesehatannya bisa terjamin tidak berbahaya dikonsumsi. Terhadap produk ikan kaleng, dinas menargetkan akan melakukan razia ke seluruh Kecamatan di Kabupaten Morowali.

Pada saat turun melakukan razia, pihak dinas membawa daftar beserta nomor izin edarnya dan disosialisasikan kepada pedagang atau pemilik toko yang dikunjungi. Cara ini dilakukan agar setiap penjual memiliki data sebagai pegangan.

"Kami juga berharap penjual untuk tidak menyajikan lagi beberapa produk yang masuk dalam daftar produk ikan kaleng yang mengandung bakteri atau cacing karena membahayakan. Demikian pula kepada masyarakat untuk bisa lebih teliti terhadap produk yang cara penyajiannya diproses secara instan," tandasnya.


Editor: Syamsu Rizal