Saturday, 18 August, 2018 - 20:12

Donggala Mulai Unggulkan Jagung

Bupati Donggala Kasman Lassa menyerahkan bibit jagung. (Foto : Rudi B/ Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.com - Bupati Donggala  Kasman Lassa menyerahkan dua unit hantraktor, dan Bibit jagung kepada petani, pada kegiatan tanam perdana jagung pengembangan budidaya jagung hibrida di lahan khusus di Desa Labuan Panimba, Kecamatan Labuan, Sabtu (12/11/2016).

Bupati Kasman mengatakan, jagung merupakan satu komoditas unggulan di Kabupaten Donggala, kedua setelah padi, dengan luas tanam sebesar 5.939 ha, meningkat 21% dari target yang di tetapkan sebesar 4.876 ha.

"Potensi lahan kering, lahan sawah melalui pengaturan pola tanam, pemanfaatan lahan pekarangan, integrasi dengan tanaman perkebunan masi cukup tersedia di Donggala. Sehingga pengembangan komoditas jagung masih dapat terus ditingkatkan dari tahun ke tahun melalui pemerintah daerah, pemerintah pusat  dan swadya petani,” kata Kasman.

Dia menambahkan, dalam menggerakan desa dan kecamatan sebagai lokomotif pembangunan, gerakan pembangunan dimulai dari desa dan kecamatan. Sehingga peranan dari masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan benar-benar dituntut untuk lebih kreatif dan bekerja  dengan sungguh-sungguh, untuk meningkatkan derajat ekonomi dan kesehjatraan.

Sementara itu, Kadis Pertanian Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Donggala Sofyan Daeng Mallaba mengatakan, pengembangan  luas tanam jagung ini, untuk mendukung upaya khusus (Upsus) Pajala, sehingga swasembada pangan pada tahun 2017 dapat tercapai.

"Walaupun pemerintah pusat mengalami penghematan anggaran yang luar biasa pada tahun anggran 2016, pemerintah pusat masih mengalokasikan anggaran melalui Dinas Pertanian Daerah Propinsi Sulawesi Tengah, memberikan bantuan pada kegiatan pengembangan budidaya jagung hibrida di lahan khusus APBN-P 2016 untuk di Kabupaten Donggala seluas 4.525 ha,” kata Sofyan.

Tanam perdana jagung pengembangan budidaya jagung hibrida itu, turut dihadiri Dandim 1306 Donggala, Kepala BP4K, Badan Ketahan Pangan dan sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemerintahan Donggala.


Editor : Subandi Arya