Saturday, 25 November, 2017 - 11:41

Donggala Tingkatkan Pelayanan Kebencanaan

PERESMIAN - Bupati Donggala Drs Kasman Lassa SH meresmikan gedung Unit Pelaksana Kesiapsiagaan Bencana Zona II BPBD Kabupaten Donggala, Selasa13 November 2017. (Foto : Niko/ Metrosulawesi)

Bupati Resmikan Gedung Unit Pelaksana Kesiapsiagaan Bencana Zona II

Donggala, Metrosulawesi.com - Bupati Donggala Drs Kasman Lassa SH meresmikan gedung Unit Pelaksana Kesiapsiagaan Bencana Zona II BPBD Kabupaten Donggala, Selasa13 November 2017.

Acara peresmian yang dilaksanakan di halaman kantor Kecamatan Tanantovea itu ditandai dengan pengguntingan pita. Kegiatan dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus Kelompok Masyarakat Penanggulangan Bencana.

Bupati Donggala menyerahkan Surat Keputusan Bupati tentang Penempatan Aparatur Sipil Negara pada UPKB Zona II, termasuk penyerahan mobil pemadam kebakaran dan peralatan bencana pada Unit Pelaksana Kesiapsiagaan Zona II.

Kepala BPBD Kabupaten Donggala Dr Ir H Akris Fattah Yunus MM melaporkan kegiatan ini telah lama direncanakan.

“Gedung ini kami bangun untuk mendekatkan pelayanan khususnya pelayanan kebencanaan di wilayah Kabupaten  Donggala. Tentunya penempatan kantor unit ini seiring juga hasil kajian bahwa di wilayah Kecamatan Tanantovea salah satu daerah yang masuk kategori penduduknya cukup padat dan rumahnya juga paling berdekatan," terangnya.

"Dari siklus terjadinya kebakaran memang dari 16 kecamatan yang paling tinggi kejadian bencana kebakaran adanya di Kecamatan Tanantovea. Olehnya bupati menempatkan UPKB zona II di Kecamatan Tanantovea ini sangat tepat, khususnya pada pendekatan pelayanan," jelasnya.

Bupati Donggala dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyerahan alat-alat ini digunakan untuk operasional sebagai salah satu pelayanan ketika terjadi bencana.

"Sesuai dengan program pemerintah, visi kita adalah mewujudkan masyarakat Kabupaten Donggala yang maju dan sejahtera dan tentunya yang paling utama adalah bagaimana melakukan perubahan, melakukan peubahan dengan peningkatan-peningkatan yang dibutuhkan oleh masyarakat," sebutnya.

Dikatakannya, salah satu yang dibutuhkan masyarakat adalah ketika terjadi kebakaran mengingat di Kecamatan  Tanantovea ini penduduknya cukup padat sehingga masyarakat meminta mobil pemadam kebakaran.

Diakhir acara UPKB BPBD Donggala Zona II melakukan demo memadamkan api ketika terjadi kebakaran yang disaksikan oleh Bupati Donggala, pimpinan OPD, anggota DPRD Kabupaten Donggala serta seluruh tamu undangan.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.