Saturday, 22 September, 2018 - 08:55

Dorong Industrialisasi Produk Pertanian

Supriadi Labolo. (Foto: Ist)

Parimo, Metrosulawesi.com – Langkah dan keinginan menuju parlemen, bagi Supriadi Labolo – melihat sebagai suatu perjuangan ibadah untuk bersama membangun daerah.

Parlemen merupakan wadah paling efektif untuk memperjuangkan aspirasi dan keinginan masyarakat desa yang lebih dipahami sebagai masyarakat pinggiran dari kalangan petani dan nelayan.

Supriadi yang akan berjuang menuju parlemen Parigi Moutong melalui Partai Demokrat Dapil 4 mewilayahi  Moutong, Taopa, dan Bolano Lambunu melihat persoalan ekonomi yang masih menghambat,sehingga perlu lebih fokus mendorong industrialisasi terutama pada hilirisasi produk-produk pertanian yang dihasilkan petani dan nelayan, industrialisasi maritim, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Keempat sektor tersebut merupakan keunggulan komparatif yang lebih mudah dijadikan sebagai keunggulan kompetitif bangsa Indonesia. Dan, sekaligus sebagai lokomotif atau motor penggerak terhadap sektor-sektor ekonomi lainnya terutama dalam menghadapi pertarungan ekonomi global yang semakin keras persaingannya.

Dalam kaitan dengan industrialisasi, sebutnya, pemerintah juga perlu memperkuat sinergitas kelembagaan ekonomi antara BUMN, Koperasi, dan Swasta dan antara Usaha Kecil, Menengah dan Besar.

Di tingkat pedesaan, katanya, selayaknya dipertahankan eksistensi kelembagaan koperasi terutama untuk memperkuat posisi tawar warga desa dan usaha-usaha kecil.

‘’Penguatan koperasi dapat dilakukan melalui kerja sama usaha dan kemitraan dengan BUMN dan BUMD terutama dalam menangani pemasaran hasil-hasil produksi desa, dan mengembangkan cluster industri berbasis produk unggulan lokal/daerah,’’ jelasnya.

Tags: