Sunday, 17 December, 2017 - 16:03

Dosen Didorong Menekuni Penelitian

Prof Dr Ir Hj Andi Niartiningsih, MP.

Palu, Metrosulawesi.com - Ketua Kopertis Wilayah IX Sulawesi Prof. Dr. Ir. Hj Andi Niartiningsih, M.P mengungkapkan dari 3069 perguruan tinggi (PTI) swasta yang ada di wilayah IX Sulawesi, baru 99 PTI yang aktif di dalam kegiatan penelitian.
 
“Gambaran data ini hendaknya memberikan perhatian untuk kita semua, para dosen dan juga pimpinan perguruan tinggi lainnya, agar mencoba untuk kembali memberikan motivasi yang kuat kepada para dosennya untuk bisa menekuni kegiatan penelitian ini,” kata Niartiningsih di acara wisuda Unismuh Palu ke 46 (XLVI), Rabu, 15 November 2017.

Menurut Niartiningsih, penelitian bisa memberikan hasil yang nyata kepada masyarakat, meskipun setiap tahun menghasilkan atau mewisuda sarjana. Tetapi yang diharapkan hasil nyata, yang bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat secara luas.

“Kita tentu menanti prestasi dari para dosen dalam hasil penelitiannya, dalam bentuk yang lebih nyata lagi. Bukan hanya dalam bentuk dari karya ilmiah yang dipresentasikan, kami berharap agar hasil penelitian ini bisa menghasilkan paket teknologi tepat guna yang mudah diaplikasi di tengah masyarakat,” ujarnya.

Dengan demikian kata Niartiningsih, kehadiran suatu institusi pendidikan tinggi, dengan karya ilmiah para dosennya pasti dirasakan oleh masyarakat.

“Tentu tidak diharapkan perguruan tinggi menjadi menara gading. PTI ini diinginkan menjadi menara air yang senantiasa menjadi kesejukan bagi yang meneguknya untuk melepas dahaga, bahkan bisa menyirami pepohonan, agar bisa tumbuh subur dan menyehatkan serta memberikan keteduhan bagi orang yang ada sekelilingnya,” ungkapnya.

Niartiningsih mengatakan hasil penelitian akan memberi warna bagi diri sendiri dan juga terhadap institusi yang bersangkutan mengabdikan diri.

Niartiningsih menambahkan kontribusi perguruan tinggi swasta sangat besar di dalam membangun sumber daya manusia di Indonesia.

“PTI di Indonesia lebih dari 4.700, baik itu dibawah Kemenristek Dikti maupun diluar dari Kemenristek Dikti. Dari ribuan PTI ini, hanya 125 PTI negeri, selebihnya adalah PTI swasta. Oleh karena itu, sudah pada tempatnyalah jika PTI swasta ini memberikan semangat untuk terus melakukan upaya perbaikan dan peningkatan kualitas akademiknya, sehingga menghasilkan alumni yang mampu bersaing di tengah-tengah arus globalisasi saat ini,” katanya.


Editor : M Yusuf Bj

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.