Saturday, 22 September, 2018 - 09:20

DPRD Parimo Soroti Belasan TPI Tak Difungsikan

WAWANCARA - Ketua Komisi II DPRD Parimo I Made Yastina saat diwawancara wartawan di Parimo. (Foto: Zoel Fahry/ Metrosulawesi)

Parimo, Metrosulawesi.com - Ketua Komisi II DPRD Parimo I Made Yastina menyoroti Dinas Perikanan Kabupaten Parimo terkait banyaknya tempat pelelangan ikan (TPI) di Parimo yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

"Sebanyak 17 TPI di wilayah Kabupaten Parimo, hanya ada 3 TPI yang berfungsi yakni TPI desa Boyantongo Kecamatan Parigi Selatan, TPI Desa Petapa Kecamatan Parigi Tengah dan TPI Desa Paranggi Kecamatan Ampibabo,” ungkap I Made Yastina pada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Rabu 12 September 2018.

Menurut dia, jika ada TPI yang masih difungsikan agar segera ajukan anggarannya dan kalau tidak harus dicarikan solusinya.

"Karena cukup banyak aset aset Dinas Perikanan Kabupaten Parimo yang tidak berfungsi, makanya kami DPRD Parimo melalui komisi II memberikan alternatif pada Dinas Perikanan Parimo sebelum penyusunan APBD tahun 2019," katanya.

Dia mengatakan, bahwa Komisi II DPRD Parimo selaku mitra Dinas Perikanan Parimo akan melakukan evaluasi total pada seluruh aset Dinas Perikanan.

“Kalau TPI - TPI memang bisa difungsikan tolong dibuatkan rancangan anggarannya dan fungsikan seperti apa manfaatnya untuk masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Parimo,” tegasnya.

"Jika TPI tersebut hanya diperbaiki sedikit sedikit tetapi tidak difungsikan, maka kami komisi II DPRD Parimo menilai bahwa bangunanan TPI tersebut gagal perencanaan. Akan tetapi kami DPRD Parimo masih menunggu Pengajuan Dinas Perikanan Parimo. Dan kita akan memberikan ruang pada Dinas Perikanan untuk melakukan evaluasi, tetapi yang jelas memang sebagian besar TPI di Parimo tidak berfungsi maksimal." terangnya.

I Made Yastina berharap, agar seluruh OPD Kabupaten Parimo harus melakukan evuasi total khususnya mitra kerja komisi II.


Editor: Syamsu Rizal