Saturday, 22 September, 2018 - 09:18

DPRD Touna Sahkan Dua Perda

Touna, Metrosulawesi.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tojo Unauna menggelar rapat paripurna, Senin 20 Agustus 2018. Ada dua agenda yang dilakukan pada rapat paripurna dewan yang diselenggarakan di aula rapat paripurna.

Kedua agenda itu, yakni pertama  rapat paripurna penyampaian hasil reses anggota DPRD dalam rangka pembahasan dan penetapan rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD tahun anggaran 2018.

Yang kedua, rapat paripurna DPRD dalam rangka penetapan rancangan peraturan daerah Kabupaten Tojo Unauna.

Dalam pidato pengantar yang disampaikan anggota DPRD Ilham menyebutkan bahwa, Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Touna, telah bekerja keras melakukan pembahasan serta kajian sehingga dapat mengesahkan dua dari empat Ranperda yang diusulkan oleh eksekutif.

Empat Ranperda yang diusulkan eksekutif itu masing-masing Ranperda tentang pengelolaan barang milik daerah. Yang kedua, tentang pengelolaan penyelengaraan kepariwisatawan. Yang ketiga tentang permakaman dan keempat tentang rancangan industri.

Dari empat Ranperda yang diusulkan eksekutif itu, Ketua DPRD Touna Gusnar Sulaeman yang memimpin rapat paripurna akhirnya mensahkan dua Ranperda untuk disetujui menjadi Perda. Yakni Perda tentang kepariwisataan dan Perda pengelolaan barang milik daerah.

"Badan pembentukan Perda DPRD berpendapat bahwa dua Ranperda tersebut disetujui untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah," kata Gusnar.

Sementara itu, Bupati Touna Muhamad Lahay dalam pidatonya menyampikan apresiasi dan terimah kasih  kepada seluruh anggota DPRD  atas disetujuinya dua Perda tentang penyelenggaraan pariwisata dan tentang pengelolaan barang milik daerah.

"Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh anggota dewan yang telah bekerja tanpa kenal lelah menyetujui usulan eksekutif terkait rancangan perda," katanya.

Dia berharap, dua dua perda terutama perda kepariwisataan dapat meningkatkan  ekonomi masyarakat dan pemasukan bagi daerah. 

"Kami berharap dalam pelaksanaan perda ini bersama-sama eksekuti dan legislatif dapat melakukan pengawasan dan fungsi masing-masing," tutupnya.


Editor: Syamsu Rizal

Tags: