Monday, 29 May, 2017 - 08:16

Dua Investor Asing Minat Investasi di Sulteng

Gubernur Sulteng H Longki Djanggola saat menerima Investor asal Cina yakni Pengusaha Ali Jonson Group dengan Cina sanghai Power, Kamis, 27 Oktober 2016. (Foto : Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.com - Gubernur Sulteng H Longki Djanggola menerima dua investor asal Cina dan Vietnam di ruang kerjanya, Kamis, 27 Oktober 2016.

Dalam pertemuan ini terungkap kedua investor tersebut berminat ingin berinvestasi di Sulawesi Tengah melalui pemanfaatan sumber daya alam. Investor asal Cina yakni Pengusaha Ali Jonson Group dengan Cina Sanghai Power ingin berinvestasi pada bidang energi dan industri pengelohan kelapa dalam pada lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Saat bertemu gubernur, Ali Jonson didampingi Mulhanan Tombolotutu selaku Direktur Utama PT. Bangun Palu Sulawesi Tengah dan Sudaryano R Lamangkona selaku Kepala Administrator KEK Palu.

Mulhanan Tombolotutu menjelaskan kepada gubernur bahwa maksud audiensi yang dilakukannya guna mengharapkan dukungan terhadap rencana Group Ali Jonson dan Cina Sanghai Power yang akan membangun industri dan sekaligus membangun pembangkit listrik pada lokasi KEK.

Sementara investor asal Vietnam melalui Direktur PT Sumber Bumi Mas Group, Wijaya menyampaikan keinginannya untuk berinvestasi dalam bidang pertambangan, kehutanan dan Pertanian.

“PT Sumber Bumi Mas Group telah mengajukan permohonan persetujuan dari Gubernur atas WIUP (Wilayah Izin Usaha Pertambangan) Sirkon di Paleleh Kabupaten Buol dan pengembangan pertanian di wilayah Banawa Kabupaten Donggala,” ujar Wijaya.

Setelah mendengar penyampaian itu, Gubernur Longki mengatakan akan mendukung penuh maksud dan keinginan kedua investor yakni PT Sumber Bumi Mas Group dan Ali Jonson Group dengan Cina sanghai Power untuk melakukan berinvestasi di Sulawesi Tengah.

“Sepanjang hal tersebut sesuai dengan ketentuan dengan peraturan perundang-undangan,” kata Longki.

Untuk memberikan dukungan atas keinginan PT Sumber Bumi Mas dan  group, gubernur langsung menandatangani WIUP Sirkon di wilayah paleleh untuk PT Sumber Bumi Mas karena telah sudah melalui proses yang dilakukan Dinas ESDM Sulteng.

“Saya mengharapkan kepada investor agar serius untuk melakukan investasi di Sulawesi Tengah. Kami selaku pemerintah daerah akan memberikan dukungan sesuai perundang-undangan yang berlaku,” tandas Gubernur Longki.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.