Thursday, 23 November, 2017 - 19:14

Dua Jenazah DPO Poso Dimakamkan di Palu

Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hari Suprapto. (Foto : Dok Metrosulawesi/ Eddy)

Palu, Metrosulawesi.com - Tiga warga asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) mendatangi Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sulawesi Tengah, Jumat, 19 Mei 2017. Ketiga warga tersebut mengaku keluarga dari dua jenazah anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Askar dan Baroq yang tewas tertembak dalam kontak tembak antara Satgas Tinombala dengan kelompok MIT di Pegunungan Biru, Kabupaten Poso,  Senin, 15 Mei 2017 lalu.

Salah satu dari tiga warga itu diketahui bernama Arsyad, yang merupakan orang tua Baroq. Ketiga warga itu langsung diarahkan ke Bid Dokkes Polda Sulteng, untuk selanjutnya dilakukan pengambilan sampel DNA.

Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah, AKBP Hari Suprapto saat di temui wartawan, Sabtu, 20 Mei 2017 membenarkan hal itu.

“Iya benar, mereka mengaku keluarga dari kedua jenazah DPO itu. Saat ini dilakukan pengambilan sampel DNA terhadap tiga warga tersebut,” jelasnya.

Kata dia, saat berada di RS Bhayangkara, pihak keluarga harus mengikuti prosedur yang berlaku, yakni menunggu hasil tes DNA.  Jika ada kecocokan dari hasil tes DNA tersebut, keluarga diberi izin membawa pulang kedua jenazah itu.

“Proses identifikasi dua jenazah DPO itu, berjalan sangat mulus. Hal ini karena semua pihak saling menghormati dan menghargai proses hukum serta kaidah-kaidah kemanusiaan. Kedua keluarga dari dua jenazah yang datang dari NTB juga bersedia dengan ikhlas untuk mengikuti proses yang dilakukan,” tambahnya.

Selanjutnya, hasil kesepakatan keluarga, meminta agar kedua jenazah akan dimakamkan di Palu.

“Alhamdulillah, semuanya berjalan sangat lancar, suasananya juga sangat kekeluargaan dan yang paling kami hormati adalah keikhlasan keluarga dari dua jenazah yang meminta  agar keduanya dimakamkan di Palu,” ucapnya.

Saat di konfirmasi terkait dimana rencana tempat pemakaman kedua almarhum tersebut, juru bicara Polda Sulteng dan Kasatgas IV Ops Tinombala 2017 itu mengatakan rencananya keduanya akan dimakamkan di TPU Poboya, Kota Palu.

“Rencananya sore ini, Sabtu 20 mei 2017, keduanya akan dimakamkan di TPU Poboya Palu,” jelas AKBP Hari Suprapto.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.