Tuesday, 26 September, 2017 - 06:32

Dua Pekan, Polres Palu Penjarakan 29 Orang

GELAR BABUK - Kapolres Palu AKBP Basya Radyananda saat gelar barang bukti dan tersangka di Mapolres Palu, Selasa 6 September 2016. (Foto : Eddy/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com – Hanya dalam kurun waktu dua pekan, Polres Palu berhasil menangkap dan menjebloskan 29 pelaku tindak pidana ke sel tahanan. Puluhan pelaku terlibat dalam kasus pencurian, penganiayaan, kekerasan dalam rumah tangga, dan kasus penyalagunaan narkoba.

Kapolres Palu, AKBP Basya Radyananda mengatakan, keberhasilan Satuan Reserse Kriminal dan Satuan Reserse Narkoba Polres Palu, tidak luput dari kerja keras semua personel. Sehingga, kata dia hanya dalam kurun waktu dua minggu dapat menangkap 29 pelaku kejahatan di Palu.

“Mulai tanggal 22 Agustus 2016 hingga tanggal 6 September 2016 dalam melakukan penangkapan terhadap pelaku tindak pidana di Palu dan beberapa kasus sduah dilimpahkan ke Kejaksaan,” kata Basya pada konferensi pers  di Press Room Polres Palu, Selasa 6 September 2016.

Dari data kepolisian, Polres Palu menangkap enam pelaku yang terlibat aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Keenam pelaku ditangkap dalam waktu lima hari.

Para pelaku curanmor beberapa pelaku terpaksa ditembak karena mencoba melarikan diri dari kejaran petugas.

Sementara tindak pidana penganiayaan berjumlah lima orang ditangkap dalam waktu satu minggu, yakni tanggal 25 Agustus-31 Agustus 2016.

Adapun kasus pencurian dengan pemberatan (curat) sebanyak tujuh orang. Sedangkan kasus pencurian dengan kekerasan sebanyak tiga pelaku.

Polisi mengamankan pelaku inisial SA (31) pelaku tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), satu pelaku penadah barang curian dengan inisial BU (41) dan satu orang pelaku pengancaman dengan inisial JU (20).

4 Kasus Narkoba

Sementara itu, Satuan Reserse Narkoba dalam dua minggu terakhir melakukan penangkapan terhadap empat orang pelaku penyalahgunaan shabu. Pelaku melangggar pasal pasal 114 (1) dan 112(1) UU no. 35 Thn 2009 tentang Narkotika.

Dimana pelaku berinisial KL (37) dan KD (33) dengan barang bukti berupa satu buah plastik klip berisi sabu dengan berat  bruto 0,15 gram.

Sedangkan pelaku lainnya, RA (35) dan TS (32) dengan barang bukti  Plastik klip berisi sabu dengan berat bruto 0,56 gram.

“Selama dua minggu terakhir juga  sebanyak 31 kasus telah P21 dan 29 kasus dalam tahap penyidikan,” ungkap Kapolres.

Basya menambahkan, pihaknya tidak segan-segan menindaki pelaku kejahatan yang sudah meresahkan masyarakat Kota Palu. Bahkan, Polres menindak tegas para pelaku. 

Dia berharap, dengan ditangkapanya para pelaku kejahatan tersebut dapat  memberikan dampak positif bagi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Palu sehingga dapat beraktivitas dengan rasa aman dan aman.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.